CIMB Niaga Syariah Optimalkan Dana Murah

Senin, 11 Oktober 2021 - 17:13 WIB
CIMB Niaga Syariah Optimalkan Dana Murah
Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus mengoptimalkan dana murah untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk ( CIMB Niaga Syariah ) terus mengoptimalkan kinerja untuk mendorong pertumbuhan bisnis Syariah agar tetap positif. Upaya ini dilakukan dengan meningkatkan portofolio dana murah dan memaksimalkan fungsi intermediasi, baik pada segmen Usaha Kecil Menengah (UKM)/Emerging Business Banking maupun Consumer Banking.

Per 30 Juni 2021, CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp37,1 triliun dengan rasio CASA mencapai 52%. Adapun penyaluran pembiayaan tercatat sebesar Rp33,1 triliun, yang utamanya berasal dari segmen Consumer Banking seperti mortgage, auto, dan personal financing.

Baca Juga: CIMB Niaga Dorong Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi

Dari sisi perolehan laba, pada semester pertama tahun 2021, CIMB Niaga Syariah berhasil membukukan laba sebesar Rp851 miliar, naik 35% Year-on-Year (Y-o-Y). Realisasi kinerja tersebut juga berhasil meningkatkan aset CIMB Niaga Syariah pada paruh pertama 2021 menjadi Rp47,9 triliun.

Pencapaian tersebut membuat CIMB Niaga Syariah dapat mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia dari sisi aset. Selain itu, share of book (porsi aset terhadap induk) juga terus meningkat, menunjukkan bahwa CIMB Niaga Syariah sangat serius dalam mengembangkan perbankan syariah.



“Kami bersyukur, meskipun di tengah pandemi, CIMB Niaga Syariah dapat tetap menjaga kinerja unggul dan mempertahankan posisi sebagai UUS terbesar di Indonesia. Kami optimis, CIMB Niaga Syariah dapat terus mendorong kinerja yang positif hingga akhir tahun. Dengan begitu, kami ikut berperan dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/10/2021).

Raihan kinerja CIMB Niaga Syariah yang baik tersebut, tentu tidak terlepas dari kepemimpinan Pandji yang visioner. Atas prestasi tersebut, baru-baru ini, Pandji dinobatkan sebagai Tokoh Syariah 2021. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dan aktualisasi kepada tokoh-tokoh yang konsisten memberikan sumbangsih dalam pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia.

Pandji dinilai telah memberikan kontribusi dan pengabdian bagi pengembangan dan kemajuan industri Syariah melalui kompetensi dan integritas yang dimiliki dalam menjalankan tugas sebagai Direktur Syariah Banking CIMB Niaga.

Pada kesempatan yang sama, CIMB Niaga juga berhasil meraih penghargaan “Infobank 10th Sharia Awards 2021” dalam ajang Islamic Finance Summit 2021. Apresiasi atas torehan kinerja tersebut yaitu predikat “Sangat Bagus” kategori “Unit Usaha Syariah - UUS Beraset Rp10 Triliun Ke Atas” dan penghargaan khusus predikat “Sangat Bagus Selama 5 Tahun Berturut-turut”.

Penetapan penghargaan tersebut dilakukan oleh Dewan Juri dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), dan Dewan Pakar serta Dewan Redaksi Infobank Media Group.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3616 seconds (10.55#12.26)