Keuangan Digital Permudah UMKM Akses Produk Layanan Keuangan

Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Secara sederhana, Omnichannel merupakan pendekatan penjualan multisaluran yang berfokus pada memberikan pengalaman kepada pelanggan tanpa batas, baik klien berbelanja online dari perangkat seluler maupun laptop, atau berbelanja di toko fisik.

“Kalau hanya menjalankan satu channel, tentu akan sangat riskan. Makanya dengan konsep Omnichannel, akan ada keseimbangan. Contohnya Amazon, mereka tidak hanya menjalankan bisnis secara online, tetapi juga memiliki toko fisik. Nah, konsep seperti ini juga harus diterapkan oleh para pelaku UMKM,” ujarnya.

GoTo Financial sendiri terus melengkapi rangkaian solusi bisnis komprehensif dan inklusif untuk pelaku UMKM dari berbagai bidang. Tujuannya agar para pelaku UMKM bisa bangkit bersama di masa pandemi.

Solusi yang dihadirkan GoTo Financial terdiri dari GoPay, Paylater, GoSure, GoInvestasi, GoStore, Moka, Selly, Midtrans, dan GoBiz Plus. Selain itu, GoTo Financial juga sudah bermitra dengan lebih dari 20 bank dan institusi keuangan lainnya.

Fithra melihat GoTo Financial saat bekerja sama dengan UMKM, secara tidak langsung telah mengajarkan konsolidasi keuangan dan perbankan. Ia mencontohkan, ketika pembayaran masuk ke dalam GoPay, laporan keuangan sudah terkonsolidasi.



“Keberadaan GoPay ini sangat memudahkan para pelaku UMKM. Mereka otomatis akan mendapatkan laporan keuangan dari setiap transaksi. Dengan adanya laporan keuangan dari GoPay, para pelaku UMKM bisa lebih mudah mendapatkan akses kredit ke perbankan untuk mengembangkan usaha mereka,” terang Fithra.

GoPay sendiri menjadi metode pembayaran digital yang pertama kali digunakan oleh pelaku UMKM dan konsumen. Sekitar 60% UMKM menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran digital pertama yang diterima di usahanya. Begitu juga dari sisi konsumen. Sebanyak 46% konsumen memilih GoPay untuk transaksi non-tunai pertamanya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika keberadaan GoTo Financial membuat masyarakat lebih terbuka dalam memanfaatkan layanan keuangan lainnya. Bahkan ekosistem digital juga mendorong pemanfaatan produk keuangan yang tidak biasa digunakan masyarakat luas, seperti pinjaman dan investasi.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)