3 Fakta Tentang Bandara Halim Perdanakusuma yang Akan Diremajakan

Sabtu, 06 November 2021 - 10:07 WIB
loading...
3 Fakta Tentang Bandara Halim Perdanakusuma yang Akan Diremajakan
Bandar Udara Halim Perdanakusuma (HLP) dikabarkan akan ditutup sementara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bandar Udara Halim Perdanakusuma (HLP) dikabarkan akan ditutup menyusul rencana pemerintah untuk merevitalisasi bandara yang terletak di Jakarta Timur ini. Peremajaan dilakukan mengingat HLP punya fungsi vital namun terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama di bagian runway.

Terkait rencana revitalisasi, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pembahasan intensif dengan Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II, serta pemangku kepentingan lainnya.



MNC Portal Indonesia (MPI) merangkum 3 fakta tentang Bandara Halim Perdanakusuma yang dulunya bernama lapangan terbang Tjililitan, sebagai berikut:

1. Menjadi Pangkalan Militer TNI-AU

Dilansir dari situs resmi angkasa pura, Sabtu (6/11/2021) Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma selama ini dikenal sebagai landasan udara militer yang juga digunakan sebagai markas Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) TNI-AU.

Dalam sejarahnya, pada tanggal 20 Juni 1950 Belanda sepenuhnya menyerahkan lapangan terbang ini kepada pemerintah Indonesia, sehingga lapangan terbang ini langsung dipegang oleh AURI dan dijadikan pangkalan udara.

Selain untuk markas besar TNI, langkah tersebut dilakukan agar mobilisasi di masa perang mudah dilakukan lewat Bandara Halim Perdanakusuma yang berlokasi di Jakarta Timur, tepatnya di daerah Cililitan. Kemudian unit-unit tempur lain berlokasi dekat kawasan Jakarta Timur, tak hanya mabes Cilangkap, ada pula Markas Kopassus, Cijantung.



2. Layani Penerbangan VVIP
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)