Jadi Program Unggulan, Kemnaker Terus Kirim Peserta Magang ke Jepang

Senin, 08 November 2021 - 13:45 WIB
loading...
Jadi Program Unggulan, Kemnaker Terus Kirim Peserta Magang ke Jepang
Pabrik mobil di Jepang yang kerap menerima tenaga magang asal Indonesia. Foto/JapanTimes
A A A
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker ) melalui Direktorat Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Ditjen Binalavotas selalu mendorong pola pelatihan pemagangan di dalam dan luar negeri sebagai upaya percepatan peningkatan kompetensi melalui penguasaan teknologi terkini yang digunakan di industri.

Salah satu negara tujuan dari program pemagangan ini adalah Jepang yang dikenal memiliki tingkat disiplin dan etos kerja tinggi, selain dari sisi teknologinya.



"Oleh karena itu program pemagangan luar negeri, khususnya ke Jepang dimaksudkan agar peserta magang bisa menerapkan disiplin dan etos kerja sekembalinya ke Indonesia. Ini penting untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia di era globalisasi," ujar Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusdie Cakrawangsa, di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Caswiyono mengatakan, sampai saat ini pengiriman peserta program pemagangan ke luar negeri sebagian besar berada di kawasan Asia, khususnya Jepang yang dimulai sejak tahun 1993. Kemnaker hingga saat ini telah memberangkatkan sebanyak 85.415 orang peserta magang.

"Program ini merupakan salah satu program unggulan dalam upaya meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja muda Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan, peserta program pemagangan ini sebelum berangkat ke Jepang terlebih dahulu menjalani pelatihan pra-pemberangkatan yang dilaksanakan empat sampai lima bulan untuk mempersiapkan para calon pemagang dalam hal bahasa. Dilakukan juga persiapan adaptasi budaya, fisik, mental, dan kedisiplinan untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi di Jepang selama program pemagangan tiga hingga lima tahun.

Pascamagang, menurut Caswiyono, para alumni peserta pemagangan diharapkan dapat bekerja pada perusahaan Jepang atau mendirikan usaha mandiri di Indonesia.


"Saya berharap para pengusaha atau calon pengusaha alumni program pemagangan di Jepang yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Kenshuse Indonesia (Ikapeksi) dapat menjadi mentor bagi para pemagang untuk membangun usaha mandiri," kata Caswiyono.

Caswiyono menegaskan, program pemagangan luar negeri telah membawa manfaat cukup besar terhadap perkembangan teknologi di Indonesia dan membawa dampak positif terhadap perubahan etos kerja para pemuda yang berhasil melaksanakan program magang di luar negeri. Sehingga menjadi tenaga kerja kompeten dan dapat bersaing tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)