Kaum Tajir Melintir yang (Pernah) Jadi imigran di Tanah Air: Ada yang Punya Kekayaan Rp264 Triliun

Sabtu, 13 November 2021 - 11:29 WIB
loading...
Kaum Tajir Melintir yang (Pernah) Jadi imigran di Tanah Air: Ada yang Punya Kekayaan Rp264 Triliun
Lakshmi Mittal, Sri Prakash Lohia, dan Low Tuck Kwong. Foto/Dok Forbes/PTI File Image
A A A
JAKARTA - Indonesia dengan jumlah penduduk dan kekayaan alamnya yang berlimpah telah menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah negara asing atau imigran untuk mencari peruntungan dan penghidupan yang lebih baik, baik secara permanen (menetap) atau hanya sekadar "singgah".

Mereka datang dari berbagai negara dan juga latar belakang sejak zaman kolonialisme hingga sekarang. Dari sejumlah imigran itu, banyak yang meraih kesuksesan, bahkan beberapa di antaranya mencapai puncak dengan menjadi orang terkaya di dunia.

Berdasarkan penelusuran berbagai sumber, ada beberapa orang terkaya di dunia yang sukses berusaha di dunia. Atau setidaknya, pernah hidup di Indonesia sebelum akhirnya menjadi kaya raya atau orang terkaya di mancanegara.



Inilah mereka:

1. Sri Prakash Lohia

Pria kelahiran tahun 1952 ini merupakan pendiri perusahaan raksasa di bidang petrokomia dan tekstil, yakni Indorama Corporation. Prakash lahir di Kolkata dan besar di India.
Pada usia 21 tahun, lulusan Universitas Delhi ini dan ikut orang tuanya pindah ke Indonesia. Bersama dengan ayahnya, Mohan Lal Lohia, merintis perusahaan tekstil bernama Indorama Synthetics sekitar tahun 1976.

Nama perusahaan itu berasal dari sebutan 'Indo' untuk Indonesia dan Rama berasal dari Dewa Rama. Awalnya Indorama merupakan produsen benang pintal dan kemudian berkembang ke berbagai bidang usaha, pembangkit tenaga listrik petrokimia, pupuk, sarung tangan sintetis.

Berkembangnya Indorama membuat kekayaan Prakash semaking membesar. Dilansir dari Forbes real time net worth, kini Lohia memiliki total kekayaan sebesar USD6,4 miliar atau setara Rp90,8 triliun (kurs Rp14.200). Dengan kekayaannya itu Prakash menjadi salah satu orang terkaya di dunia dan Indonesia. Usai menjadi kaya, Prakash kemudian menetap di London, Inggris.

2. Lakshmi Mittal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)