Sri Mulyani Ungkap Hantu Global yang Menakuti Pasar Modal

Selasa, 16 November 2021 - 16:46 WIB
loading...
Sri Mulyani Ungkap Hantu Global yang Menakuti Pasar Modal
Sederet isu global akan menghantui pasar modal. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ada beberapa kondisi gejolak ekonomi global yang diperkirakan memengaruhi dunia keuangan, termasuk pasar modal . Pengaruh itu berdampak pada arus modal asing atau capital flow di Indonesia.


"Anda akan sangat melihat isu global ini biasanya berdampak pada capital flow, dan juga memengaruhi pergerakan saham ataupun kegiatan di sektor keuangan yang lain," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (16/11/2021).

Beberapa isu global yang masih berpengaruh pada pasar keuangan di antaranya adalah situasi Covid yang masih penting, harga komoditas yang meningkat, kemudian terjadinya tapering di Amerika Serikat dan juga dinamika geopolitik. sederet isu global itu bisa menjadi seperti hantu untuk pasar modal yang akan memengaruhi aliran modal di negara berkembang, seperti Indonesia.

Selain itu, hantu pasar modal juga muncul dari daratan Eropa, seiring kenaikan harga energi dan juga masalah geopolitik. Di China pun sama, selain polemik Evergrande, pendinginan ekonomi di China juga menimbulkan kebijakan-kebijakan ekstrem.



"Ini semua akan memengaruhi harga komoditas, capital flow, dan juga menjadi sentimen dari pasar keuangan global," imbuhnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)