Takut Kartu ATM Diblokir, Nasabah BCA Serbu Kantor Cabang

Senin, 29 November 2021 - 16:24 WIB
loading...
Takut Kartu ATM Diblokir, Nasabah BCA Serbu Kantor Cabang
Proses pergantian kartu ATM chip bikin heboh nasabah BCA yang berbondong-bondong menyerbu kantor cabang. Ternyata masih ada nasabah yang belum tahu jika mulai 1 Desember 2021, kartu ATM BCA non chip akan diblokir. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Proses pergantian kartu ATM chip bikin heboh nasabah BCA yang berbondong-bondong menyerbu kantor cabang. Ternyata masih ada nasabah yang belum tahu jika mulai 1 Desember 2021, kartu ATM BCA non chip akan diblokir jika tidak menggantinya ke kartu ATM BCA chip .

Salah satu nasabah Bank BCA asal Bandung bernama Gita berbagi di media sosial bahwa dirinya baru sempat ke kantor cabang hari ini. Setelah dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Gita mengatakan bahwa dirinya tak punya waktu jika terus mengantri untuk mengganti kartu ATM non chip-nya.

"Tadi belum, ga jadi soalnya ga keburu harus ke kantor, ga bisa tiba-tiba bolos. Besok mau dicoba lagi meskipun sepertinya makin penuh karena besok hari terakhir," kata Gita kepada MPI, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Gencar Seruan Ganti Kartu ATM Jadi Berbasis Chip, Simak Keunggulannya

Dengan membagikan antrian panjang nasabah yang ingin mengganti kartu ATM BCA non chip tersebut, Gita memperlihatkan bahwa sepertinya kantor cabang itu kewalahan.

"Kata bapak satpamnya kalo mau cepet ngantrinya harus dari jam 6 pagi @BankBCA," tulis Gita.

Padahal, selain melalui datang langsung ke kantor cabang, nasabah bisa juga dengan layanan Customer Service Digital. Pada saat memakai layanan CS Digital, nasabah diwajibkan untuk menyiapkan KTP saja atau bisa selengkapnya di website resmi BCA.

Kemudian, nasabah juga bisa menggunakan Halo BCA via 1500888 dan Aplikasi Halo BCA. Sebagai catatan, kebijakan penukaran kartu ATM BCA chip ini untuk meningkatkan keamanan nasabah dalam melakukan transaksi khususnya lewat ATM.

Baca Juga: Mulai 1 Desember BCA Beralih ke Kartu ATM Chip, Begini Cara Tukarnya

Kebijakan tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tertanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit.

Tertulis mulai 1 Januari 2022 seluruh transaksi ATM dan/atau kartu debit domestik wajib menggunakan kartu dengan teknologi chip berstandar nasional. Terkait praktik penukaran ATM non chip sebenarnya sudah dilakukan sejak 1 Juli 2016.

Adanya aturan tersebut pun membuat bank BCA juga memberikan fasilitas untuk nasabah yang ingin menukarkan kartu ATM BCA non chip. Jenis kartu ATM BCA yang dapat diganti menjadi kartu chip yaitu Xpresi BCA, Debit BCA, Tapres, BCA Dollar, TabunganKu, Simpel, serta BCA Cash dikutip dari bca.co.id.
(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1313 seconds (10.55#12.26)