Jajan Online Meningkat Saat Pandemi, Waspadai Hal Ini!

Senin, 29 November 2021 - 12:20 WIB
loading...
Jajan Online Meningkat Saat Pandemi, Waspadai Hal Ini!
Pandemi virus corona (Covid-19) mengubah banyak perilaku masyarakat, termasuk makanan pesan antar atau makanan online. Namun ada beberapa hal yang harus diwaspadai sebagai konsumen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) mengubah banyak perilaku masyarakat, termasuk makanan pesan antar atau makanan online . Dalam survei yang dilakukan CLSA Indonesia selama pandemi pada 450 responden, sebanyak 70 persen di antaranya menjadi lebih sering memesan makanan secara online dibandingkan sebelum terjadinya Covid.

Meskipun terlihat efisien, ada bahaya kesehatan yang harus diwaspadai saat memesan jajanan online. Hal ini seperti yang telah disampaikan oleh Sanofi Pasteur Indonesia dalam rangka menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional melalui kampanye #SantapAman pada tanggal 11 November 2021 lalu.



Program yang dihadiri oleh dokter spesialis penyakit dalam, dr. Suzy Maria, Sp.PD-KAI serta chef dan pecinta kuliner William Gozali yang akrab disapa Willgoz ini, bertujuan untuk mensosialisasikan bahwa seseorang bisa menderita penyakit yang ditularkan melalui makanan seperti penyakit tifoid sekaligus bagaimana cara pencegahannya.

Dianggap Remeh, Demam Tifoid Bisa Akibatkan Komplikasi Serius

Demam tifoid adalah infeksi sistemik yang disebabkan oleh Salmonella Typhi melalui konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Contohnya, seseorang bisa terkena penyakit ini saat menyantap makanan yang tidak disiapkan dengan benar, seperti mengkonsumsi bahan makanan atau menggunakan alat makan yang dicuci dengan air yang terkontaminasi bakteri, hingga melakukan kontak tidak langsung dengan penderita penyakit tifoid seperti menyantap makanan yang mereka sajikan.

Sebab faktanya, seseorang bisa saja terlihat sehat namun sebenarnya menderita penyakit tifoid, hanya saja tidak menunjukan gejala dan bisa menularkan kepada orang lain.

Penyakit akut ini memiliki gejala demam yang meningkat secara bertahap tiap hari serta lebih tinggi pada malam hari, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan dan lemas, serta munculnya ruam.

Pada anak-anak, tifoid disertai dengan sering mengalami diare, sementara orang dewasa cenderung mengalami konstipasi. Sementara komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh demam tifoid berupa pendarahan atau perforasi usus.

Data WHO memperkirakan 11-20 juta orang sakit karena demam tifoid dan mengakibatkan kematian sebanyak 128.000-161.000 orang setiap tahunnya di seluruh dunia. Kasus terbanyak demam tifoid sendiri terdapat di Asia Selatan dan Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)