Daftar Harga Tempe di Berbagai Negara, Nomor 4 Bisa Bikin Cepat Kaya

Minggu, 19 Desember 2021 - 21:15 WIB
loading...
Daftar Harga Tempe di Berbagai Negara, Nomor 4 Bisa Bikin Cepat Kaya
Harga tempe di berbagai negara cukup menarik dibahas. Tempe sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang sangat sulit ditemui di Luar Negeri. Sekalipun ada harganya selangit, berikut daftarnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Harga tempe di berbagai negara cukup menarik dibahas. Tempe sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang sangat sulit ditemui di Luar Negeri.

Tempe bukan hanya sekedar makanan asli Indonesia, namun juga membawa nilai-nilai dan local wisdom Indonesia. Tempe di Indonesia mempunyai nilai budaya yang tinggi.



Meskipun demikian, masih terdapat orang yang menganggap tempe adalah makanan orang tidak mampu. Padahal sebetulnya makan ini adalah solusi bagi pemerintah dalam memberikan akses makanan bergizi untuk rakyatnya.

Tempe mempunyai kandungan protein yang hampir sama dengan daging sapi, namun lebih sehat karena tidak mengandung lemak jenuh ganda. Tempe lebih ramah lingkungan karena dalam proses produksinya hanya dibutuhkan 10% dari energi yang dibutuhkan untuk memproduksi daging sapi.

Beragam makanan yang dapat dihasilkan dari bahan dasar Tempe sangat beragam. Namun, bagi orang Indonesia yang ada di luar negeri, tentu saja tempe adalah barang mewah.

Faktor suhu dan kelembapan membuat produksi tempe agak mahal sehingga kurang diminat di luar negeri.Tempe yang menjadi makanan sehari-hari di Indonesia berubah menjadi makanan langka dan mahal di luar negeri.

Tak heran jika banyak orang Indonesia yang rela membawa tempe dari Indonesia untuk dimakan di luar negeri karena jauh lebih murah. Berikut beberapa harga tempe di beberapa negara di dunia:

1. Indonesia

Harga tempe Indonesia bisa dibilang cukup murah. Hal ini karena tempe adalah makanan asli Indonesia. Menurut data Kementerian Perdagangan Indonesia pada Juni 2021, harga tempe berada di antara Rp 16.000 – 17.000 kg jika melihat harga bahan baku kedelai pada Juni 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)