Viral WNI Keluhkan Calo Karantina di Bandara, Segini Tarif Hotel Repatriasi Versi PHRI

Senin, 20 Desember 2021 - 10:20 WIB
loading...
Viral WNI Keluhkan Calo Karantina di Bandara, Segini Tarif Hotel Repatriasi Versi PHRI
Banyak WNI repatriasi yang telantar menunggu kepastian karantina di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sejak Minggu (19/12/2021) malam. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Temuan kasus Omicron di Indonesia yang menyebabkan penguncian sementara atau lockdown Wisma Atlet menyebabkan proses karantina bagi warga negara Indonesia (WNI) yang baru bepergian dari luar negeri terkendala.

Banyak WNI repatriasi, baik yang baru pulang berwisata maupun para pekerja migran yang telantar menunggu kepastian karantina di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sejak Minggu (19/12/2021) malam.

Salah seorang diantaranya yang mengaaku baru pulang berwisata dari luar negeri, mengunggah video berdurasi 2 menit 39 detik terkait kondisi bandara Soekarno-Hatta yang penuh pelaku perjalanan internasional tersebut.



Tampak dalam video tersebut sejumlah orang ada yang tertidur, berdekatan satu sama lain dan tidak menjaga jarak. Sang pengunggah video juga bercerita dirinya didekati calo yang menawarkan tarif karantina hotel yang fantastis.

"Saya ditawarkan hotel karantina satu orangnya Rp19 juta. Kalau lebih dari 20 orang, sudah berapa ratus juta tuh? Pemerintah benar-benar menyiksa rakyat," keluh wanita dalam video tersebut.



Koordinator Hotel Repatriasi Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Vivi Herlambang mengatakan, tarif karantina hotel bervariasi per orangnya berdasarkan klasifikasi bintang hotelnya.

"Tarif karantina hotel bintang dua Rp6,75 juta untuk 1 orang, dan hotel bintang lima Rp12,5 juta untuk 10 hari. Kalau untuk dua orang harganya beda ya, karena meals (makan) untuk dua orang," terang Vivi saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI) di Jakarta, Senin (20/12/2021).



Dia pun menyebutkan, bahwa WNI reaptriasi bisa menghindari permainan harga calo dengan melakukan pemesanan (booking) mandiri di website resmi hotel karantina D-HOTS PHRI di https://quarantinehotelsjakarta.com.

PHRI menyiapkan 15.700 kamar di sekitar 130 hotel di Jabodetabek sebagai lokasi karantina mandiri bagi masyarakat. Biaya untuk karantina bisa dipilih oleh masing-masing pelaku perjalanan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)