Geo Dipa Bakal Tambah Porsi Pegawai Perempuan Jadi 20%

Jum'at, 24 Desember 2021 - 20:18 WIB
loading...
Geo Dipa Bakal Tambah Porsi Pegawai Perempuan Jadi 20%
PT Geo Dipa Energi (Persero) yang beroperasi di bawah Kementerian Keuangan menargetkan 20% pegawai perempuan pada 2023. Hal itu sejalan dengan pengesahan Pedoman Kesetaraan Gender pada 8 Oktober 2021. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - PT Geo Dipa Energi (Persero) yang beroperasi di bawah Kementerian Keuangan menargetkan 20% pegawai perempuan pada 2023. Hal itu sejalan dengan Geo Dipa yang telah mengesahkan Pedoman Kesetaraan Gender pada 8 Oktober 2021.

Corporate Secretary PT Geo Dipa Energi (Persero), Endang Iswandini mengatakan, sampai saat ini pegawai di BUMN yang bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi panas bumi ini ada 392 pegawai. Terdiri dari 315 pegawai laki-laki dan 75 pegawai perempuan .

"Jadi jumlah tersebut terbagi di 4 lokasi, headquarter ada di kantor pusat Aldevco Jakarta, Patuha, Dieng dan di Project. Jadi Komisaris Utamanya perempuan di Geo Dipa, itu menunjukkan bahwa isu gender di Geo Dipa sudah tidak menjadi hal yang besar," kata Endang dalam Sosialisasi Pedoman Pengarusutamaan Gender dan Peringatan Hari Ibu di Geo Dipa Unit Patuha, Ciwidey, Kamis (23/12/2021).



Perlu diketahui, yang menjabat Komisaris Utama di Geo Dipa adalah Tio Serepina Siahaan. Dia mengetuai Komisaris Heri Setiawan dan Saleh Abdurrahman. Penyusunan Pedoman Kesetaraan Gender di Geo Dipa dibuat dengan dibantu oleh Sari yang merupakan Senior Gender Specialist dari Asian Development Bank (ADB) dan Yani dari Geo Dipa.

Komitmen Geo Dipa dalam pengarusutamaan gender dituangkan dalam website dan sosial media, mengadakan webinar dan pelatihan, video promotion. Komitmen kesetaraan gender lainnya; hak cuti menstruasi, hak cuti melahirkan, ruang laktasi, cold storage khusus untuk asi, kamar mandi khusus untuk perempuan, dan equal treatment dalam hal menerima pegawai, pelatih, promosi dan remunerasi (gaji, tunjangan).

"Target Geo Dipa dalam kesetaraan gender di 2023 proporsi pegawai perempuan 20% dan disabilitas 4 orang," ujar Endang.



Meski di 2021 baru 17% - 19%, Geo Dipa berkomitmen untuk menambah target proporsi di 2023 dengan 20%. Selain menambah pegawai perempuan, Geo Dipa juga nantinya akan menerima pegawai dengan disabilitas atau berkemampuan khusus.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)