Dorong Isu Kesetaraan Gender, Peran Aktif Perempuan Dibutuhkan

Kamis, 29 Agustus 2024 - 12:38 WIB
loading...
Dorong Isu Kesetaraan...
Diskusi Gelar Wicara bertajuk Tugas Kita Adalah Fokus Terhadap Tujuan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu kesetaraan gender didorong menjadi agenda nasional, untuk seluruh perempuan Indonesia. Isu tersebut mesti dikedepankan, di tengah dominasi laki-laki di dunia industri.

Hal tersebut diungkap tokoh masyarakat Prilly Latuconsina, dalam diskusi Gelar Wicara yang diinisiasi Renjana Cita Srikandi. "Tugas kita adalah fokus terhadap tujuan," kata Prilly dikutip, Kamis (29/8/2024).

Pemaparan Prilly dilakukan dalam kapasitas sebagai tokoh perempuan, bersama figur lain. Seperti, Tasya Farasya, Titi Kamal, dan dr. Reisa Brotoasmoro. Dalam kesempatan itu, Prilly menekankan pentingnya gerakan bersama, yang dilakukan perempuan. Gerakan yang dimaksud adalah saling bahu membahu.

Prilly berujar gerakan tersebut dibutuhkan, untuk perempuan saling menyemangati. Terlebih, menjadi perempuan yang berdaya di Indonesia penuh dengan tantangan. "Cemoohan adalah risiko menjadi perempuan yang mampu berdaya," kata Prilly.

Agenda Gelar Wicara yang diinisiasi Renjana Citra Srikandi, merupakan serangkaian acara Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan di Pekanbaru. Agenda yang digelar pada 23-25 Agustus 2024 di Lapangan Kantor Gubernur Riau dan Ballroom Menara BRK Syariah Pekanbaru ini, fokus pada penguatan peran perempuan Indonesia. Sebagai bagian dari menyongsong Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Kartini Perindo Siap Kawal Kesetaraan Gender di Indonesia

Renjana Cita Srikandi menghadirkan serangkaian kegiatan pemberdayaan perempuan, untuk meningkatkan kompetensi para perempuan. Khususnya, di Pekanbaru dan di Provinsi Riau. Selama tiga hari, belasan topik dalam sesi gelar wicara dengan narasumber perempuan dari berbagai bidang menarik perhatian banyak peserta.

Tokoh perempuan inspiratif dari Pekanbaru seperti pilot perempuan Athira Farina dan pemadam kebakaran perempuan Rica Permatasari turut dihadirkan. Mereka berhasil memberikan semangat dan motivasi sekaligus mendobrak stigma kesetaraan gender di industri yang didominasi pria.

Total ada 12 gelar wicara dengan berbagai topik seperti “Dare to Create, Dare to Be Different: Prilly on Innovation & Women's Empowerment”, “Woman in Sustainability”, “Walking with Raline Shah: Art, Culture, and Social Dedication”, “Energizing You, Elevating Each Other”, “Dari Diva Lokal Menjadi Diva Global: Peran Musisi Perempuan pada Industri Musik”, “Gender Equality”, “Titi Kamal's Journey through Entertainment”, “Balancing Faith and Modernity”.

Area lokakarya juga sangat dinamis, menampilkan kelas-kelas gratis yang mengangkat keterampilan praktis. Misalnya, seperti jewelry workshop, make-up tutorial, hingga inovasi dalam keberlanjutan menciptakan model bisnis ramah lingkungan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)