Sambut 2022 dengan Perencanaan Finansial Lebih Baik, Ini 3 Tips Cerdas dari MotionBanking!

Senin, 27 Desember 2021 - 13:30 WIB
loading...
Sambut 2022 dengan Perencanaan Finansial Lebih Baik, Ini 3 Tips Cerdas dari MotionBanking!
Memasuki tahun 2022, MotionBanking memberikan tips untuk membangun perencanaan finansial yang lebih matang. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Membangun perencanaan finansial merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua pihak karena hal itu merupakan langkah awal untuk menciptakan kondisi finansial yang kuat dan aman. Dengan begitu, kita akan lebih siap dalam menghadapi keadaan-keadaan yang tidak dapat diprediksi, seperti pandemi Covid-19 .

Direktur Bisnis Digital PT Bank MNC Internasional Tbk Tee Teddy Setiawan mengatakan, tidak ada kata terlambat dalam membangun perencanaan finansial yang baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk dapat mengukur dan menganalisis pemasukan dan pengeluaran keuangannya.

“Pandemi Covid-19 mengajarkan kita bahwa keadaan di depan tidak dapat diprediksi. Maka dari itu untuk menghindari kesulitan finansial di depan, Anda harus punya finansial yang kuat dan matang,” ujarnya, Senin (27/12/2021).



Memasuki tahun 2022, MotionBanking memberikan tips bagi Anda agar dapat membangun perencanaan finansial yang lebih matang, sebagai berikut:

1. Analisis kebutuhan

Antara kebutuhan dan keinginan terkadang salah diartikan oleh banyak orang. Kebutuhan berarti hal-hal utama yang diperlukan untuk dapat menyambung hidup. Sementara, keinginan biasanya diinisiasi oleh hasrat diri terhadap suatu barang.

Namun tanpa hal tersebut sebenarnya Anda tetap bisa bertahan hidup. Gaji akan selalu cukup memenuhi kebutuhan hidup, namun tidak akan pernah cukup memenuhi gaya hidup.

2. Bangun rencana pengeluaran

Setelah menganalisis kebutuhan yang diperlukan, Anda dapat mulai membangun rencana pengeluaran. Anda dapat mengawali perencanaan tersebut dengan melakukan budgeting secara mingguan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)