12 Momen Kunci Mata Uang Kripto Sepanjang Tahun 2021

Selasa, 28 Desember 2021 - 16:52 WIB
loading...
12 Momen Kunci Mata Uang Kripto Sepanjang Tahun 2021
Mata uang kripto mencatatkan perjalanan yang luar biasa sepanjang tahun 2021. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tahun 2021 menjadi tahun rekor untuk pasar mata uang kripto , yang nilainya sempat melampaui USD3 triliun (sekira Rp42.000 trilun pada kurs Rp14.000/USD) bulan November lalu. Bitcoin , mata uang kripto terbesar berdasarkan nilai pasar, dan ether, terbesar kedua, mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Bahkan, altcoin seperti dogecoin yang terinspirasi meme, ikut melonjak popularitasnya. Aset digital lainnya, seperti token yang tidak dapat dipertukarkan (non fungible token) atau NFT, dijual seharga jutaan dolar bersama karya seni lainnya di rumah lelang Sotheby's dan Christie's. Selain seni, NFT yang mewakili aset dalam game dan lahan digital juga melonjak nilainya.

Aplikasi berbasis Blockchain, termasuk keuangan terdesentralisasi, atau DeFi, menarik minat dari investor ritel dan institusional, mendorong pertumbuhan Web3, yang merupakan iterasi terdesentralisasi dari internet berdasarkan teknologi blockchain yang menggerakkan NFT dan menopang mata uang kripto.



Semua ini membantu mendorong mata uang kripto ke arus utama pada tahun 2021. Dikutip dari CNBC.com, berikut adalah 12 momen yang paling menjadi sorotan terkait mata uang kripto:

1. Nilai pasar bitcoin melampaui USD1 triliun
Nilai pasar bitcoin melampaui USD1 triliun (Rp14.000 triliun) untuk pertama kalinya pada 19 Februari 2021. Tonggak sejarah ini tercapai setelah investor institusional besar dan perusahaan keuangan terkemuka mulai mendukung mata uang kripto di awal tahun. Perusahaan besar termasuk Tesla, Square dan MicroStrategy mulai menggunakan neraca mereka untuk membeli bitcoin.

2. Minat terhadap NFT meledak setelah penjualan Beeple senilai USD69 juta
Ketika Mike Winkelmann, artis yang dikenal sebagai Beeple, menjual karyanya yang berjudul "Everydays: The First 5000 Days" sebagai NFT pada bulan Maret, hal itu menjadi sejarah karena beberapa alasan.

Pertama, penjualan tersebut menjadikan Christie's rumah lelang besar pertama yang menjual karya seni berbasis NFT yang sepenuhnya digital. Juga untuk pertama kalinya, Christie mengizinkan eter sebagai pembayaran untuk harga pokok karya seni itu. Dan harga jual USD69,3 juta (sekitar Rp970 miliar) untuk NFT memecahkan rekor pada saat itu.

Penjualan ini mendorong liputan arus utama NFT yang tidak terlihat sebelumnya. Secara keseluruhan pada tahun 2021, pasar NFT memiliki "tahun terbaiknya" dengan volume perdagangan lebih dari USD23 miliar, seperti dilaporkan platform analitik DappRadar.

3. Elon Musk berkontribusi pada rekor tertinggi dogecoin
Pada bulan Mei, tepat sebelum Elon Musk melakukan debut "Saturday Night Live", harga dogecoin mulai melonjak. Pada 8 Mei, hari kemunculan Musk di SNL, dogecoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar 73 sen, menurut Coin Gecko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)