Bikin Ghozali Jadi Miliarder Cuman Jualan Foto Selfie, Apa Sih NFT?

Minggu, 16 Januari 2022 - 11:38 WIB
loading...
Bikin Ghozali Jadi Miliarder Cuman Jualan Foto Selfie, Apa Sih NFT?
Penasaran dengan Ghozali Ghozalu yang sukses meraup keuntungan hingga Rp1,5 miliar dari penjualan foto selfie NFT dirinya. Ingin tahu apa itu NFT yang membuat Ghozali jadi miliarder, begini penjelasannya. Foto/Dok
A A A
LONDON - Penasaran dengan seorang pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali atau dikenal Ghozali Ghozalu yang sukses meraup keuntungan hingga Rp1,5 miliar dari penjualan foto selfie NFT dirinya. Setidaknya hingga saat ini sudah ada 230 NFT miliknya yang terjual. Penasaran apa itu NFT yang membuat Ghozali jadi miliarder , begini penjelasannya.

Token non-fungible (NFTs) merupakan sejenis aset digital, yang kepopulerannya terus meledak pada tahun ini ketika karya seni NFT dijual seharga jutaan dolar. Tren ini membingungkan dan banyak dari kita mungkin bertanya-tanya mengapa uang dengan jumlah besar dihabiskan untuk barang-barang yang hanya ada dalam bentuk digital dan dapat dilihat oleh siapa saja secara gratis.



Tapi bagi mereka yang mendukung pengembangan digital melihat NFTs sebagai fase berikutnya dalam koleksi seni. NFT adalah aset digital yang ada di blockchain, dimana catatan transaksi tersimpan dalam jaringan komputer. Blockchain berfungsi sebagai buku besar, yang memungkinkan siapa pun untuk memverifikasi keaslian NFT dan siapa yang memilikinya.

Jadi tidak seperti kebanyakan item digital yang dapat direproduksi tanpa henti, setiap NFT memiliki tanda tangan digital unik, yang berarti itu hanya ada satu dari jenisnya. NFT biasanya dibeli dengan cryptocurrency atau mata uang kripto dan bisa juga dalam bentuk dolar serta blockchain menyimpan catatan transaksi.

Sementara siapa pun dapat melihat NFT, tapi hanya pembeli yang memiliki status sebagai pemilik resmi atau semacam hak untuk membuat dan memakainya secara digital. Namun membeli gambar NFT atau video biasanya tidak berarti pembeli mendapatkan hak cipta dari item tersebut.

Apa Saja Bentuk NFT?

Semua jenis objek digital, mulai dari gambar, video, musik, teks dan bahkan tweet dapat dibeli dan dijual sebagai NFTs. Seni digital telah mencetak penjualan terbesar, sedangkan dalam bidang olahraga memungkinkan para fans dapat mengumpulkan dan memperdagangkan NFT yang berkaitan dengan pemain atau tim tertentu.

Misalnya, pada platform National Basketball Association Top Shot, penggemar dapat membeli NFTs koleksi dalam bentuk video momen dari pertandingan. Sementara cuplikan pertandingan dapat dilihat secara gratis di platform lain seperti YouTube, orang membeli status sebagai pemilik NFT tertentu, dengan keunikannya karena tanda tangan digital.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)