10 Kursus Paling Diminati untuk Genjot Kemampuan SDM

Sabtu, 13 Juni 2020 - 09:56 WIB
loading...
10 Kursus Paling Diminati untuk Genjot Kemampuan SDM
Di era kompetitif saat ini, pendidikan formal akan terasa lebih lengkap jika didukung juga dengan pendidikan non formal. Ada banyak kursus favorit untuk mengembangkan kemampuan seseorang. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
DI ERA kompetitif saat ini, kapasitas pendidikan formal yang dimiliki seorang SDM akan terasa lebih lengkap jika didukung juga dengan pendidikan non formal. Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan keterampilan dan keahlian SDM sehingga daya tawar individu bertambah besar. Lantas pendidikan non formal (kursus) bidang apa saja yang banyak diminati? Berikut daftarnya menurut Litbang SINDO Media.

1. Bahasa Inggris

10 Kursus Paling Diminati untuk Genjot Kemampuan SDM


Bahasa Inggris yang sudah merupakan bahasa internasional, kini menjadi pendidikan non-formal yang sangat dicari. Seseorang yang lancar dalam berbahasa Inggris memiliki nilai lebih. Tak hanya ahli dalam berbicara, namun juga kemampuan grammar (kosa kata) dapat meningkatkan daya tawar seseorang. (Baca juga: Belajar Bahasa Inggris dengan Suasana Menyenangkan )

2. Bahasa Jepang

10 Kursus Paling Diminati untuk Genjot Kemampuan SDM


Meski terlihat rumit, namun bahasa Jepang sebenarnya mudah untuk dipahami. Kemampuan berbahasa Jepang ini banyak diminati karena berbagai alasan, di antaranya adalah kepentingan karier. Beberapa perusahaan asal Jepang yang ada di Indonesia kerap menambahkan persyaratan kemampuan berbahasa Jepang untuk calon karyawannya

3. Mengemudi

10 Kursus Paling Diminati untuk Genjot Kemampuan SDM


Keterampilan ini bisa didapat dengan bantuan teman, saudara atau pasangan. Namun memang lebih aman jika menempuh pendidikan non formal seperti kursus mengemudi. Keamanan bisa lebih terjamin dan proses pembelajaran bisa sesuai dengan tahapan. Banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan ini. (Baca juga: Sukses Jual Nama Besar, Selebriti Dunia Kaya dengan Merek Dagang Sendiri )
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2278 seconds (10.101#12.26)