Pembukaan Pasar dan Mal Bertahap, Diutamakan di Zona Kuning dan Hijau

Kamis, 11 Juni 2020 - 16:52 WIB
loading...
Pembukaan Pasar dan Mal Bertahap, Diutamakan di Zona Kuning dan Hijau
Pengunjung berbelanja barang elektronik di mal Bekasi Cyber Park, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (9/6/2020). Foto/SINDOphoto/Ramadan Adiputra
A A A
JAKARTA - Memasuki era normal baru atau new normal, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal memetakan aktivitas perdagangan berdasarkan zonasi. Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, pembukaan kegiatan perdagangan seperti pasar, toko dan pusat perbelanjaan atau mal akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) masing-masing.

Pembukaan akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan status zona di daerah tersebut. "Memang buka bertahap. Ini kita koordinasi dengan Pemda. Ini juga dengan melihat zona kuning dan hijau. Ini kita prioritaskan, kita terus koordinasi dengan para pemerintah daerah," kata Agus di Jakarta, Kamis (11/6/2020). (Baca : Sebanyak 60 Mal di DKI Jakarta Siap Dibuka 5 Juni 2020 )

Untuk mencegah penyebaran virus corona di pasar dan pusat-pusat kegiatan perdagangan, kata Mendag, para pedagang akan diminta untuk melakukan tes PCR atau rapid test untuk agar bisa dipastikan dalam kondisi sehat.

"Kita meminta para pedagang untuk sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan seiring dengan dibukanya kembali aktivitas perdagangan," imbuhnya.

Dia optimis dengan menjalankan protokol kesehatan secara baik, maka kegiatan perdagangan akan berjalan dengan aman. Selain itu, bila ada temuan kasus positif Covid-19 di pasar atau pusat perbelanjaan, maka Kemendag akan melakukan evaluasi bersama dengan Pemda.

"Kita yakin dengan protokol kesehatan, dengan mamatuhi, pakai masker, pakai face shield, kita bisa lalui. Apabila ada temuan, kita akan evaluasi. Pemda akan ambil langkah positif," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)