95 Persen Pedagang Pasar Sudah Divaksin, Kini Menunggu Booster

Kamis, 27 Januari 2022 - 12:36 WIB
loading...
95 Persen Pedagang Pasar Sudah Divaksin, Kini Menunggu Booster
Keraguan masyarakat atas keamanan dan keampuhan vaksin Covid-19 menurun. Berkaitan dengan keampuhan/efektivitas vaksin, sebanyak 39,2% responden pedagang menyatakan tidak lagi khawatir. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Keraguan masyarakat atas keamanan dan keampuhan vaksin Covid-19 menurun. Seiring dengan perubahan persepsi atas keamanan dan keampuhan vaksin, rasa khawatir akan efektivitas vaksin dan efek sampingnya pun berkurang.

Hal ini tercermin dalam survei Katadata Insight Center (KIC) kepada 1.061 pedagang pasar dari 34 provinsi di Indonesia. Berkaitan dengan keampuhan/efektivitas vaksin, sebanyak 39,2% responden pedagang menyatakan bila tahun sebelumnya khawatir, saat dilakukan survei menyatakan sudah merasa lebih tenang. Begitu juga dengan 40,4% responden yang mengakui lebih tenang mengenai keamanan vaksin dibanding tahun sebelumnya.



Manajer Riset Katadata Insight Center, Vivi Zabkie mengatakan, hanya tersisa kurang dari 10% yang tetap khawatir mengenai efektivitas vaksin dan efek sampingnya dan lebih sedikit dari 1% saja yang dari tenang menjadi kuatir akan kedua hal tersebut.

Pada survei yang dilakukan terhadap pedagang pasar basah pada November 2021 lalu ini juga tergambar jika persepsi akan keamanan dan keampuhan vaksin pun membaik.

“Ada peningkatan pada persentase pedagang yang menyatakan setuju jika vaksin efektif dan aman. Pada survei pertama (baseline) sebanyak 17,8% pedagang menyatakan ragu akan efektivitas vaksin. Namun setelah 5 bulan kami lakukan sosialisasi, berikan informasi yang bener serta melakukan cek fakta hoaks, yang ragu akan efektivitas vaksin menurun menjadi 6,6% saja,” ujar Vivi.

Ia menambahkan, bila persepsi akan keamanan dan efektivitas ini dimonitor oleh KIC untuk melihat pengaruhnya pada kesediaan vaksinasi. Seiring dengan itu, survei ini juga mengukur kesedian vaksinasi pedagang.

“Ini meningkat, jumlah yang mau divaksinasi serta kami lihat juga ada perubahan sikap. Oleh karenanya cakupan vaksinasi pada pedagang juga membaik. Kami menduga sikap pedagang ini sedikit banyak juga mencerminkan sikap masyarakat secara umum,” jelas Vivi dalam webinar Survei Katadata Insight Centre X Asparindo: Cek Fakta untuk Halau Hoaks di Pedagang Pasar.

Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (Asparindo) Suhendro mengatakan, sekitar 95 persen pedagang pasar di seluruh Indonesia sudah menerima vaksinasi 1 dan 2. Kata dia, saat ini pedagang pasar tinggal menunggu vaksinasi booster atau penguat.

“Para pedagang pasar sudah terinformasi dan sadar bahwa vaksinasi itu adalah sesuatu yang harus dilakukan. Kalau balik ke awal, Asparindo itu mendapat surat dari Kemenkes terkait vaksinasi karena banyak sekali hoaks seputar vaksinasi. Lalu kami melakukan pilot project di sejumlah pasar dan pada hari pertama tidak banyak yang datang. Baru pada hari ke-5 dan seterusnya, pedagang pasar baru mau melakukan vaksinasi. Ini terjadi karena hoaks yang memang sangat banyak sekali di awal-awal vaksinasi,” kata Suhendro.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)