Gerak IHSG dibatasi sentimen global

Jum'at, 05 Oktober 2012 - 08:23 WIB
Gerak IHSG dibatasi sentimen global
Gerak IHSG dibatasi sentimen global
A A A
Sindonews.com - Menyusul penguatan terbatas indeks harga saham gabungan (IHSG), yang terjadi pada perdagangan sebelumnya, pergerakan bursa lokal hari ini diproyeksi masih dibatasi sejumlah sentimen terutama dari Amerika dan Eropa.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan, para pelaku pasar masih waspada terhadap sentimen-sentimen yang akan dirilis, terutama dari Eropa dan AS.

"Masih perlunya mencermati data-data klaim pengangguran AS serta perubahan tingkat suku bunga di Eropa dan Inggris karena kemungkinan secara tidak langsung dapat mempengaruhi pergerakan bursa saham Asia, termasuk IHSG," kata dia dalam rilisnya yang diterima Sindonews, Jumat (5/10/2012).

Bursa saham Eropa, kata Reza, masih bergerak positif merespon rilis suku bunga ECB yang tetap di level 0,75 persen dan perkiraan klaim pengangguran AS akan turun. "Bila sentimen positif ini tetap terjaga maka tentunya akan berimbas positif juga untuk pergerakan bursa saham Asia hari ini, termasuk IHSG," tandasnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, IHSG pada perdagangan sebelumnya berpeluang rebound menyusul bursa saham AS yang ditutup menguat setelah merespon positif data ketenagakerjaan, ISM Non-Manufacturing Index, dan aplikasi mortgage yang dirilis di atas perkiraan.

"Kondisi itupun berimbas pada pergerakan bursa saham Asia, terutama indeks HSI yang tetap berada di zona positif hingga akhir perdagangan. Begitu pun dengan IHSG yang akhirnya berhasil rebound dan kembali menembus rekor terbarunya," tutupnya. Untuk hari ini, dia memprediksi, IHSG berpotensi menguat dengan support 4.239-4.254 dan resistance 4.287-4.297.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0228 seconds (0.1#10.140)