2013, volume perdagangan negara Selatan naik 20%

Senin, 15 Oktober 2012 - 17:04 WIB
2013, volume perdagangan negara Selatan naik 20%
2013, volume perdagangan negara Selatan naik 20%
A A A
Sindonews.com - Dalam acara “World Export Development Forum” (WEDF) 2012, pemerintah menyatakan volume perdagangan Asia, khususnya Indonesia dan negara-negara selatan akan terus meningkat. Diprediksi volume perdagangan kawasan Asia, Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Serbia merangkak sampai 20 persen pada 2013.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyebutkan, volume perdagangan dunia hingga saat ini telah mencapai USD31 triliun. Sementara itu, perdagangan negara-negara selatan yang berjumlah sekitar 120 negara, volume perdagangannya telah mencapai USD8,5 triliun dan akan terus tumbuh.

"Saya percaya pertumbuhan ini akan double digit ke depan untuk selatan-selatan. Potensi Indonesia untuk ikut dalam perdagangan di pasar selatan masih cukup besar bila dieksplorasi," ujar Mendag Gita usai membuka WEDF 2012 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (15/10/2012).

Menurutnya, potensi Indonesia untuk menembus pasar selatan cukup besar, sebab banyak negara serupa seperti Indonesia yang saat ini tengah berkembang dan memajukan ekonominya. Misalnya Brasil, Rusia, India, dan Cina (BRIC) yang diperkirakan mampu mengawal misi dagang antar kawasan Asia, Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Serbia.

Lebih lanjut, Gita mengungkapkan bahwa potensi dari negara-negara tersebut, terutama Brasil mampu menyetir negara-negara selatan untuk lebih meningkatkan perdagangan antar kawasan.

"Brasil merupakan salah satu anggota yang mampu memberikan rangsangan terhadap negara-negara selatan dalam melakukan implementasi perdagangan di beberapa kawasan," tutupnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5506 seconds (0.1#10.140)