Jika Situasi Membaik, Mulai 1 April 2022 PPLN Bebas Karantina Terpusat

Selasa, 15 Februari 2022 - 12:58 WIB
loading...
Jika Situasi Membaik, Mulai 1 April 2022 PPLN Bebas Karantina Terpusat
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan FOTO/dok.Kemenko Marinves
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menandaskan apabila situasi pandemi Covid-19 semakin membaik pemerintah akan menerapkan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) pada 1 April 2022 mendatang. Bebas karantina akan dilakukan secara bertahap, karena harus melihat kondisi dan situasi kasus Covid-19 di setiap wilayah.

"Jika situasi terus membaik, ke depan pemerintah berencana 1 Maret atau mungkin lebih awal dari 1 Maret karantina akan diturunkan menjadi 3 hari untuk seluruh PPLN," kata Luhut Binsar Pandjaitan melalui pernyataan resmi usai mengikuti rapat terbatas evaluasi PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Senin (14/2/2022).



Menurut dia jika situasi terus semakin membaik dan vaksinasi terus meningkat, 1 April 2022 tidak menutup kemungkinan PPLN tidak perlu melakukan karantina terpusat. Namun hal itu bergantung pada situasi pandemi.

Tak hanya itu, Luhut mengatakan bagi pelaku perjalanan luar negeri yang sudah mendapatkan vaksin ketiga atau booster, maka masa karantina akan dikurangi menjadi 3 hari saja. Hal ini akan diberlakukan pada pekan depan.



"Kita semua bertanggung jawab di sini untuk membuat negeri kita ini tetap aman buat kita semua," ujar dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)