MIND ID Jajaki Akuisisi Perusahaan Tambang di Luar Negeri

Rabu, 16 Februari 2022 - 13:06 WIB
loading...
MIND ID Jajaki Akuisisi Perusahaan Tambang di Luar Negeri
ilustrasi pertambangan. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Holding BUMN Pertambangan atau MIND ID berencana mengakuisisi perusahaan tambang potensial di luar negeri. Aksi korporasi itu mulai dilakukan pada 2022.

"Program strategis 2022, (kita) juga menjajaki peluang akuisisi perusahaan tambang di luar negeri yang potensial," ujar Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR, Rabu (16/2/2022).



Langkah akuisisi perusahaan tambang asing tersebut masuk dalam program utama MIND Group di tahun ini. Manajemen pun sudah menetapkan program lain sepanjang tahun ini.
Misalnya, meningkatkan pertumbuhan eksplorasi dan produksi secara agresif. Pola tersebut dilakukan melalui tender atau lelang wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) atau Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B), selain akuisisi saham tambang asing.

Lalu, melakukan kajian life of mine plan PT Freeport Indonesia beyond 2041, menyediakan sumber daya atau cadangan yang memadai untuk kebutuhan inisiatif strategis hilirisasi, dan memonitor program eksplorasi di MIND ID.

Baca Juga: Baru Akuisisi 6 Pesawat Tempur Rafale, Prabowo: Sisanya, 36 Unit Menyusul Segera

Untuk program peningkatan daya saing biaya melalui digital, lanjut Hendi, pihaknya melakukan implementasi digitalisasi produksi pada smelter tambang, lalu menggodok jaringan 5G dengan mitra strategis, implementasi operational excellence untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Sementara program pembangunan aset hilirisasi berskala global, MIND ID melakukan ekspansi smelter aluminium dengan tambahan kapasitas 200.000 - 400.000 ton per tahun, pengembangam nikel kelas 1, dan pengembangan smelter copper dan PMR. Ada juga program aliansi strategis untuk ekspansi bisnis baru hilirisasi hingga program pengembangan kapabilitas dan optimasi portofolio.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)