Ciputra Group, JSK dan Yayasan Tarumanagara Tawarkan PCR Swab Test Terjangkau

Sabtu, 13 Juni 2020 - 19:10 WIB
loading...
Ciputra Group, JSK dan Yayasan Tarumanagara Tawarkan PCR Swab Test Terjangkau
Tenda medis bertekanan untuk PCR Swab Test berbiaya terjangkau yang difasilitasi Ciputra Group, JSK Group dan Yayasan Tarumanegara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19, khususnya di Jabotedabek, serta persiapan memasuki era new normal, Ciputra Group bersama Jaya Samudra Karunia (JSK) Group dan Yayasan Tarumanagara menggelar Walk Thru PCR Swab Test dengan biaya terjangkau.

Walk Thru PCR Swab Test tersebut digelar serentak di tiga lokasi di Jakarta dan Tangerang mulai 8 Juni 2020 hingga 30 Juni 2020. Lokasinya adalah di Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta, Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang, dan Ciputra Medical Center, Jalan Prof Dr Satrio Kavling 6, Jakarta.

"Saat ini banyak Orang Tanpa Gejala (OTG), yang bila tidak diketahui dapat menularkan ke orang lain, dan bila jumlahnya masif dapat mengakibatkan gelombang kedua Covid-19. PCR Swab Test dengan biaya terjangkau ini diharapkan dapat mendorong OTG untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri," ujar Direktur Ciputra Healthcare Veimeirawaty Kusnadi dalam siaran pers, Sabtu (13/6/2020).

(Baca Juga: Pemerintah Apresiasi Tambahan Fasilitas Isolasi Ciputra Hospital untuk Pasien Covid-19)

Untuk mengikuti Walk Thru PCR Swab Test ini, peserta perlu melakukan registrasi online di www.cihos.com/covid untuk mendapatkan jadwal pengambilan sample SWAB. Harga khusus yang diberikan adalah Rp900.000 per satu kali pemeriksaan. Harga ini jauh lebih rendah dari harga umum yang saat ini berlaku di sejumlah rumah sakit yang berkisar Rp1,5 juta s/d Rp2,5 juta per satu kali pemeriksaan.

CEO JSK Group Dennis Jang Sang Kyu menambahkan, pihaknya tergerak untuk ikut memerangi Covid-19 sehingga mengambil inisiatif untuk mendatangkan alat-alat pengujian dari Korea, yaitu PCR Swab Kit, Tenda Medis Bertekanan, Bilik Pengujian yang memungkinkan pengujian Covid-19 yang aman, baik untuk tenaga medis maupun pasien. "Ini semua dilakukan secara berkelanjutan dengan bekerja sama dengan Ciputra Healthcare yang mempunyai komitmen yang sama," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara, DR Gunardi menyampaikan, Universitas Tarumanagara, melalui Fakultas Kedokteran juga telah memiliki Laboratorium BSL-2 (Bio Safety Level 2), serta SDM dan peralatan yang mumpuni untuk dapat melakukan pemeriksaan test PCR. "Kami juga ikut mendukung pemerintah dengan cara menjalin kerja sama kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu Laboratorium Pemeriksa rujukan Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta," tambahnya.

Sebagai persiapan memasuki periode new normal dan rencana PSBB transisi di Jabodetabek yang akan diterapkan pemerintah dalam waktu dekat, saat ini dinilai merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat, baik individu maupun keluarga secara mandiri, serta bagi perusahaan untuk memfasilitasi karyawannya untuk melakukan pemeriksaan PCR Swab Test, sebagai jaminan sebelum kembali beraktivitas.

Di bagian lain, dijelaskan pula bahwa Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta dan Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang sejak 1 Mei 2020 juga telah mengoperasikan 210 bed isolasi bertekanan negatif sebagai bentuk komitmen mendukung pemerintah memerangi pandemi Covid-19. Selain itu, Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta telah ditunjuk menjadi salah satu Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di DKI Jaya, sedangkan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang sebagai Rumah Sakit Jejaring Covid-19 di Provinsi Banten.

Tercatat, Sebelum kegiatan Walk Thru PCR Swab Test ini, Ciputra Hospital telah melakukan Drive Thru Rapid Test secara Gratis maupun berbayar dengan harga khusus, guna membantu masyarakat melakukan screening Covid-19 secara mandiri.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)