Donasi Bitcoin untuk Tentara Ukraina Melampaui Rp58,93 Miliar

Selasa, 01 Maret 2022 - 04:30 WIB
loading...
Donasi Bitcoin untuk Tentara Ukraina Melampaui Rp58,93 Miliar
Sumbangan terus mengalir ke Ukraina sejak awal invasi Rusia diluncurkan pada hari Kamis (24/2) lalu, termasuk dalam bentuk cryptocurrency atau mata uang kripto. Salah satunya Bitcoin. Foto/Dok
A A A
KIEV - Donasi terus mengalir ke Ukraina sejak awal invasi Rusia diluncurkan pada hari Kamis (24/2) lalu, termasuk dalam bentuk cryptocurrency atau mata uang kripto . Tentara Ukraina telah mengambil posisi bertahan di pusat kota Kyiv, Ukraina saat Rusia menekan dari tiga sisi setelah melepaskan serangan udara di kota-kota dan pangkalan militer serta mengirimkan pasukan serta tank.

Dilansir Forbes, seiring hal itu dalam beberapa jam pertama, Come Back Alive sebuah yayasan yang berbasis di Kyiv yang memberikan dukungan kepada tentara Ukraina, mengumpulkan sekitar USD400.000 dalam bitcoin , menurut perusahaan analisis blockchain Elliptic.



Lalu pada Jumat, pagi tercatat dompet organisasi tampaknya telah menerima 109 BTC (sekitar USD4,1 juta) atau setara setara Rp58,93 miliar (Kurs Rp14.373 per USD), dimana setidaknya ada lebih dari seribu sumbangan secara total.

Didirikan pada tahun 2014, Come Back Alive mengambil namanya dari prasasti pendiri, programmer IT, Vitaliy Deynega yang dengan rompi anti peluru bersama tentara memerangi separatis dan pasukan Rusia di Ukraina Timur.

Saat ini, Come Back Alive adalah salah satu organisasi non-pemerintah terbesar di negara ini yang melakukan penggalangan dana untuk menyediakan persediaan an peralatan yang diperlukan oleh militer Ukraina seperti drone, kamera termografi, dan perangkat lunak khusus.

Yayasan mulai menerima bitcoin pada tahun 2018, tetapi bagian terbesar dari token yang saat ini dimilikinya telah datang dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, badan amal menerima transfer bank dan kontribusi melalui keanggotaan Patreon (saat ini ditangguhkan).

Menurut laporan Elliptic pada 8 Februari, LSM Ukraina dan kelompok sukarelawan mengumpulkan lebih dari USD500.000 dalam cryptocurrency selama setahun terakhir. Perusahaan telah melacak dana dengan mengidentifikasi dompet cryptocurrency yang digunakan oleh organisasi-organisasi ini.

Misalnya, Aliansi Cyber Ukraina, sebuah kolektif aktivis yang melakukan serangan cyber terhadap instalasi Rusia yang menjadi target, telah menerima hampir USD 100.000 dalam bentuk bitcoin, ether, dan litecoin.

"Beberapa kelompok sukarelawan Ukraina dan LSM yang menerima sumbangan kripto memiliki hubungan yang sangat dekat dengan pemerintah Ukraina -dan ini menambah tren negara-negara yang beralih ke aset kripto sebagai sarana untuk mengumpulkan dana," kata Elliptic dalam laporan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)