Ciptakan Kesan Positif, Intip Ragam Persiapan Sambut MotoGP Mandalika

Selasa, 01 Maret 2022 - 23:59 WIB
loading...
A A A
Planogram ini nantinya memuat informasi dan foto produk kreatif beserta QR Code yang akan menyambungkan dengan akun resmi pelaku kreatif di beberapa marketplace nasional dan platform penjualan lain. "Jadi kita harapkan tiga minggu lagi para atlet sepeda motor dunia itu hadir dan mendapatkan impresi yang baik," tuturnya.



Sementara itu, guna mendukung kelancaran transportasi di kawasan Mandalika dan sekitarnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengoptimalkan penggunaan angkutan umum dalam perhelatan MotoGP Mandalika.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, berbagai persiapan dilakukan, utamanya dalam manajemen dan rekayasa lalu lintas agar menjadi lebih baik di sekitar kawasan dan juga termasuk koridor di sekitar kota Mataram.

"Salah satunya adalah optimalisasi penggunaan angkutan umum. Artinya angkutan umum akan menjadi backbone utama transportasi yang ada di Mataram sampai dengan kawasan. Terutama pada saat kegiatan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung," kata Budi, Selasa (1/3/2022).

Menurut dia, Kemenhub telah menyiapkan 278 unit bus untuk angkutan antarmoda guna membawa penonton dari beberapa simpul transportasi seperti Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, juga Bandar Udara Internasional ZAM ke pusat kota Mataram atau lokasi lainnya.

Berikutnya, Kemenhub menyiapkan 184 unit bus sedang untuk membawa wisatawan atau masyarakat yang ingin menyaksikan MotoGP dari titik di pusat kota Mataram dan lainnya menuju lokasi sekitar kawasan Sirkuit Mandalika.

Tak hanya itu, Kemenhub juga menyiapkan bus shuttle yang melayani 7 rute, yaitu Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2, dan Gate 3. Untuk shuttle bus di dalam kawasan difungsikan untuk mengantar penonton yang akan masuk dan keluar dari kawasan sirkuit.

"Kendaraan pribadi dan juga sepeda motor menuju kawasan Mandalika akan dibatasi. Jadi disiapkan lahan parkir di luar kawasan Mandalika sehingga potensi kemacetan bisa kita hindari. Dan semua layanan ini disiapkan secara gratis bagi masyarakat," bebernya.



Terkait akses menuju Pulau Lombok, Kemenhub juga memaksimakan sejumlah layanan yang sudah berjalan termasuk menambah lagi lintasan-lintasan baru.

Lintasan yang sudah berjalan seperti Pelabuhan Padangbai-Pelabuhan Lembar (26 kapal feri), Surabaya-Lembar (2 kapal), Ketapang-Lembar (6 kapal), dan Kayangan-Poto Tano (2 kapal). Serta usulan baru lintas Tanjung Benoa -Kuta Lama Mandalika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)