Melawan Putin? Dua Miliarder Top Rusia Berbicara Menentang Perang

Rabu, 02 Maret 2022 - 10:23 WIB
loading...
Melawan Putin? Dua Miliarder...
Dua miliarder top Rusia yakni Oleg Deripaska dan Mikhail Fridman telah menjadi dua pebisnis terkemuka pertama di Rusia yang berbicara menentang invasi skala penuh Moskow ke Ukraina. Foto/Dok Reuters
A A A
MOSKOW - Dua miliarder top Rusia yakni Oleg Deripaska dan Mikhail Fridman yang kelahiran Ukraina menyerukan perdamaian, setelah aktivitas mereka tersendat di bawah ancaman sanksi . Miliarder Rusia, Mikhail Fridman dan Oleg Deripaska telah menjadi dua pebisnis terkemuka pertama di Rusia yang berbicara menentang invasi skala penuh Moskow ke Ukraina.



Fridman yang merupakan salah satu orang terkaya Rusia mengendalikan perusahaan ekuitas swasta LetterOne dan merupakan pendiri Alfa Bank, bank swasta terbesar di Rusia. Dalam sebuah surat kepada karyawannya, dia menyerukan diakhirinya "pertumpahan darah".

Fridman yang lahir di Ukraina mengirim email kepada staf di LetterOne, yang pertama kali dilaporkan oleh Financial Times, di mana ia menulis bahwa "perang tidak pernah bisa menjadi jawabannya".

Menggambarkan dari mana dia berasal yakni Ukraina di Lviv, tempat orang tuanya masih tinggal, dia menulis: "Saya juga menghabiskan sebagian besar hidup saya sebagai warga negara Rusia, membangun dan mengembangkan bisnis. "Saya sangat terikat dengan rakyat Ukraina dan Rusia dan melihat konflik Rusia Ukraina saat ini sebagai tragedi bagi mereka berdua."

Sementara itu Deripaska menyerukan pembicaraan damai agar dimulai "secepat mungkin" dalam sebuah posting di aplikasi perpesanan Telegram.

"Perdamaian sangat penting," tulis Deripaska, yang mendirikan raksasa aluminium Rusia Rusal, di mana ia masih memiliki saham melalui perusahaan induk en+ Group yang terdaftar di London.

Deripaska, yang mengatakan baru-baru ini pada 21 Februari tidak akan ada perang di Ukraina, telah masuk dalam daftar sanksi Amerika Serikat (AS) sejak 2018 atas dugaan hubungannya dengan pemerintah Rusia. Dimana Ia telah mengambil tindakan hukum untuk menentangnya seperti dilansir Guardian.

Fridman menduduki peringkat ke-128 sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2021, menurut daftar miliarder dunia Forbes. Pria berusia 57 tahun itu mengatakan kepada staf dalam suratnya bahwa dia biasanya menghindari membuat pernyataan politik.

"Saya seorang pengusaha yang bertanggung jawab kepada ribuan karyawan saya di Rusia dan Ukraina. Namun saya yakin bahwa perang tidak akan pernah bisa menjadi jawabannya. Krisis ini akan menelan korban jiwa dan merusak dua negara yang telah menjadi saudara selama ratusan tahun," tulisnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)