Lebih Efisien, PLN Siap Beralih ke Smart Meter Secara Bertahap

Senin, 15 Juni 2020 - 16:46 WIB
loading...
Lebih Efisien, PLN Siap Beralih ke Smart Meter Secara Bertahap
PLN siap mengganti teknologi meter listrik dari analog menjadi smart meter. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) saat ini tengah menyusun peta jalan (roadmap) pergantian teknologi meter dari analog menjadi smart meter. Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono menyatakan bahwa PLN siap mengganti teknologi meter listrik dari analog menjadi smart meter.

Adapun perseroan saat ini sedang menyusun peta jalan agar smart meter bisa segera direalisasikan. “Kita sedang siapkan roadmap untuk program smart meter. Penggantian smart meter ini akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya dalam diskusi virtual di Jakarta, Senin (15/6/2020). (Baca : Antisipasi Lonjakan Tagihan Tak Wajar, Saatnya Ganti Teknologi Meter Listrik )

Yuddy menegaskan, penggunaan meter listrik elektronik tersebut akan lebih efisien dibandingkan meter mekanik. Rencananya pergantian meter listrik menggunakan smart meter akan dilakukan bagi pelanggan pasca bayar maupun pra bayar. “Pergantian smart meter bagi seluruh pelanggan kira-kira membutuhkan waktu tujuh tahun, dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.

Sebagai informasi, smart meter merupakan meteran digital yang mampu mencatat konsumsi listrik secara reguler dan real time. Adapun data pencatatannya secara otomatis terkirim ke PLN dan terkoneksi langsung melalui aplikasi yang bisa di akses secara realtime oleh pelanggan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)