Perang Rusia Ukraina Adalah Bencana Ekonomi, Bank Dunia Memperingatkan

Minggu, 06 Maret 2022 - 23:15 WIB
loading...
A A A
Dia sadar bahwa selain kehidupan jutaan orang Ukraina berada dalam risiko, perang bisa "menjadi kemunduran (ekonomi) yang panjang".

"Pendapatan per kapita mereka telah jatuh di bawah China yang sebagian karena salah urus ekonomi, dan karena mereka benar-benar telah mempertahankan sistem pengambilan keputusan terpusat di bawah Putin untuk saat ini, sejak tahun 2000."

Presiden Bank Dunia itu juga menambahkan: "Risikonya adalah Ukraina dikendalikan oleh mereka"

Di sisi lain peringatan oleh Malpass disampaikan saat Kamar Dagang Inggris (BCC) memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk ekonomi Inggris, di tengah melonjaknya inflasi, kenaikan pajak, dan guncangan global termasuk invasi Rusia ke Ukraina.

BCC memperkirakan Inggris akan tumbuh sebesar 3,6% tahun ini, turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 4,2%, dengan belanja konsumen diperkirakan akan melambat karena pendapatan rumah tangga berada di bawah tekanan dari meningkatnya inflasi.

Perkiraan baru ini kurang dari setengah tingkat pertumbuhan 7,5% yang terlihat tahun lalu, ketika ekonomi Inggris pulih dari kemerosotan akibat Covid pada tahun 2020.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)