Bulog dibolehkan impor dan beli kedelai petani

Rabu, 16 Januari 2013 - 15:02 WIB
Bulog dibolehkan impor dan beli kedelai petani
Bulog dibolehkan impor dan beli kedelai petani
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) diberi kewenangan untuk mengimpor kedelai dan membeli kedelai dari petani.

"Bulog bisa impor kedelai atau membeli kedelai dari petani," tegas Hatta kepada wartawan di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Hatta menambahkan, langkah ini bertujuan untuk mengamankan pasokan kedelai di dalam negeri serta menjaga stabilitas harga. "Bulog harus bisa mengatur kebijakan ini, agar pengusaha tahu dan tempe juga bisa tetap hidup," paparnya.

Sebelumnya, Bulog mengaku ragu untuk ikut masuk dalam kegiatan perdagangan kedelai karena belum ada peraturan yang memberikan kewenangan kepada Bulog untuk melakukan hal tersebut.

"Bulog ini kan berdasarkan PP hanya berdagang beras. Kita tidak ada payung hukumnya untuk kedelai," ungkap Direktur Utama Perum Bulog, Sutarto Ali Muso, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Indonesia mengalami defisit hingga 1,5 juta ton kedelai pada 2012 lalu akibat gagal tercapainya target produksi kedelai sebesar 1 juta ton.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6185 seconds (0.1#10.140)