Tak Bisa Berkutik, Italia Butuh 3 Tahun Tidak Bergantung Rusia

Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:46 WIB
loading...
Tak Bisa Berkutik, Italia Butuh 3 Tahun Tidak Bergantung Rusia
Italia setidaknya butuh tiga tahun untuk tidak bergantung impor gas dari Rusia. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Italia setidaknya butuh tiga tahun untuk tidak bergantung impor gas dari Rusia . Berdasarkan laporan Departemen Transisi Ekologi Italia sekitar 30 miliar meter kubik (bcm) gas masih impor dari Rusia setiap tahunnya atau sekitar 40% dari total impor gas negara itu.



Menteri Transisi Ekologi Roberto Cingolani mengatakan saat ini sedang mencari energi alternatif untuk mendiversifikasi pasokan impor gas dari Rusia. Upaya itu sebagai tanggapan atas invasi Moskow ke Ukraina.

Hal itu disampaikan Cingolani saat berbicara di depan majelis tinggi senat sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (18/3/2022). Ia mengungkapkan untuk sepenuhnya mengganti impr gas dari Rusia dapat dilakukan minimal dalam jangka tiga tahun.



Namun demikian, untuk tidak bergantung impor gas dari Rusia dalam jangka pendek hingga menengah bisa dilakukan beragam, di antaranya peningkatan impor gas sebesar 9 bcm dari Aljazair dan peningkatan produksi termoelektrik bertenaga batu bara dan minyak, yang dapat menggantikan 3-4 bcm gas.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3132 seconds (0.1#10.140)