Startup Akuakultur Lokal Delos Dapat Suntikan Dana Tambahan Rp114 Miliar

Kamis, 24 Maret 2022 - 18:24 WIB
loading...
Startup Akuakultur Lokal Delos Dapat Suntikan Dana Tambahan Rp114 Miliar
Startup akuakultur lokal tambak udang dapat suntikan pendanaan kembangkan usaha. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Delos meraih tambahan pendanaan senilai USD8 juta atau sekitar Rp114 miliar. Melalui suntikan pendanaan dari seed extension round startup teknologi akuakultur lokal tersebut akan melanjutkan dan memperluas pendampingan hingga pengembangan usaha.

"Lebih dari 600 hektare tambak masih menunggu sentuhan Delos. Ke depan, Delos akan mengkonsolidasikan value chain dari hulu ke hilir, mulai dari pemrosesan, pemasaran, ekspor, dan penjualan langsung ke pasar luar negeri yang bernilai lebih tinggi seperti Jepang dan Amerika Serikat," ujar CEO Delos Guntur Mallarangeng, di Jakarta, Rabu (23/3/2022).



Menurut dia produktivitas, rantai pasok terintegrasi ke pasar luar negeri dan akses keuangan masih menjadi masalah mendasar industri akuakultur. Untuk menangani hal ini, Delos mengembangkan dan membesarkan AquaLink, sebuah produk integrasi supply chain, yang akan menghubungkan petambak udang dengan pemasok untuk memfasilitasi penjualan l hasil panen dengan harga dan sistem pembayaran yang terbaik.

"Delos on track untuk menjalankan pendampingan 100 hektare tambak udang intensif dan super intensif dalam waktu dekat. Saat ini, banyak permintaan dari berbagai wilayah agar membantu mereka," kata dia.

Guntur mengatkan tantangan selanjutnya adalah akses finansial dan kesulitan permodalan yang dialami banyak petambak independen. Banyak petambak terpaksa menggunakan uang dari kantong mereka sendiri sebagai modal usaha.

Hal ini merupakan hambatan besar karena banyak petambak yang tidak memiliki rencana cadangan jika tambak udang mereka tidak menghasilkan keuntungan. Delos menghadirkan AquaBank dengan layanan pendanaan yang dilengkapi dengan penilaian resiko dan kebutuhan yang unik untuk setiap tambak dan pemiliknya.

"Kami berharap AquaBank dapat membantu mereka untuk meraih kesuksesan. AquaHero, AquaLink, dan AquaBank untuk memacu pertumbuhan industri akuakultur dan memulai revolusi biru di Indonesia," kata dia.

Tak hanya bisnis, Delos juga akan mengembangkan sumber daya manusia dalam industri akuakultur dengan mendirikan Delos Maritime Institute (DMI) di Yogyakarta sebagai pusat pelatihan dengan kurikulum kelas dunia dan praktik lapangan untuk menciptakan generasi baru siap kerja di bidang akuakultur sebagai manajer tambak, teknisi, asisten laboratorium maupun petugas lapangan. Selain itu, DMI juga akan menjadi pusat penelitian ilmiah dan teknologi di bidang akuakultur, di antaranya pendeteksian dini dan pencegahan penyakit hewan ternak serta inovasi infrastruktur tambak.

Sebagaimana diketahui, pendanaan tersebut diperoleh dari Centauri Fund ventura kerja sama dengan MDI Ventures dan KB Investment Co., Ltd. dan Alpha JWC Ventures. Pendanaan ini juga diikuti beberapa investor lain, seperti Number Capital, Arise, iSeed SEA, Irvan Kolonas, Alto Partners Multi-Family Office, Mahanusa Capital, Founder Kopi Kenangan James Prananto, dan sejumlah investor lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)