Menakar Bagaimana Cara Amerika dan Sekutu Bisa Membekukan Emas Rusia

Minggu, 27 Maret 2022 - 00:36 WIB
loading...
A A A
Bagaimana Sanksi Akan Berlaku?

Keputusan AS untuk memblokir transaksi emas dilakukan bersama G7 dan sekutunya Uni Eropa yang juga akan memberlakukan larangan cadangan emas.

Panduan baru dari Departemen Keuangan AS menyatakan bahwa individu Amerika, termasuk dealer emas, distributor, grosir, pembeli, dan lembaga keuangan umumnya dilarang membeli, menjual atau memfasilitasi transaksi terkait emas yang melibatkan Rusia dan berbagai pihak yang telah dikenai sanksi.

Dampak Seperti Apa yang Bisa Dirasakan Rusia?

Langkah ini selanjutnya akan berdampak pada kemampuan negara itu untuk mencuci uang dan pada dasarnya akan menerapkan sanksi sekunder pada orang-orang yang berdagang emas dengan Rusia, kata para ahli.

"Ini adalah cara lain untuk menutup celah sanksi, dan meningkatkan tekanan ekonomi pada entitas Rusia," kata Rachel Ziemba, seorang rekan senior di Center for a New American Security.

Larangan transaksi emas juga merupakan upaya untuk mencegah transaksi keuangan inovatif melalui negara-negara lain yang terus melakukan bisnis dengan Rusia.



Sanksi Apa Lagi yang Sudah Dijatuhkan?

AS juga menerapkan sanksi tambahan kepada puluhan perusahaan pertahanan Rusia, 328 anggota Duma Negara Rusia -atau majelis negara- dan kepala lembaga keuangan terbesar Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)