Tanah Makin Ambles, 15 Tahun Lagi Sungai di Jakarta Tak Mengalir dari Atas ke Bawah

Jum'at, 01 April 2022 - 19:19 WIB
loading...
Tanah Makin Ambles, 15 Tahun Lagi Sungai di Jakarta Tak Mengalir dari Atas ke Bawah
Kegiatan pengerukan lumpur di Sungai Krukut, Kelurahan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (2/10/2021). Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Isu Jakarta akan tenggelam sudah kerap didengungkan tak hanya di dalam negeri tapi juga menjadi sorotan internasional.

Faktanya, permukaan tanah di Jakarta memang terus mengalami penurunan setiap tahun, salah satu faktor penyebab adalah eksploitasi air tanah yang begitu masif.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini penurunan permukaan tanah di Jakarta sekitar 10-12 cm per tahun.



Jika kondisi ini terus berlanjut, diperkirakan sungai-sungai yang berada di Jakarta akan sulit mengalir ke laut secara gravitasi yaitu dari atas ke bawah.

Pasalnya, permukaan tanah di Jakarta bakal lebih rendah dari permukaan air laut, di mana permukaan air laut juga akan lebih tinggi akibat perubahan iklim.

"Kalau itu terjadi maka 15 tahun saja sejak 2020 kemarin, 13 sungai yang melewati Jakarta tidak bisa mengalir secara gravitasi ke laut," kata Basuki pada penandatanganan KPBU bersama Bank Mandiri, Jumat (1/3/2022).



Menurut dia, salah satu langkah paling penting untuk mencegah hal tersebut adalah membangun bendungan untuk penyediaan air bersih yang dipasok kepada masyarakat Jakarta. Sehingga, warga Jakarta tidak lagi mengambil air tanah.

"Kalau nanti Jatiluhur I jadi, Jatiluhur II jadi, kemudian Karian Serpong jadi, kita baru bisa bilang Jakarta setop memakai air tanah," urainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)