Menteri Keuangan: Konflik Ukraina Bikin Jerman Lebih Miskin

Senin, 04 April 2022 - 14:02 WIB
loading...
Menteri Keuangan: Konflik Ukraina Bikin Jerman Lebih Miskin
Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner mengakui bahwa negara itu harus membayar mahal atas dukungannya pada Ukraina melawan kampanye militer Rusia di negara tersebut.

"Perang Ukraina membuat kita semua lebih miskin. Misalnya, kita harus membayar lebih untuk impor energi," kata Lindner saat berbicara kepada surat kabar tabloid Bild, seperti dilansir RT.com, Senin (4/4/2022).

Baca Juga: Putin Ancam Tutup Keran Pasokan Gas Rusia, Ini yang Dilakukan Negara-negara Eropa

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu, menteri Jerman itu lebih lanjut mengakui bahwa pemerintah tidak dapat mengimbangi berkurangnya kesejahteraan masyararakat negara itu akibat konflik Ukraina. Namun, dia menambahkan, pemerintah Jerman tengah bekerja untuk menahan guncangan yang lebih besar.

Lindner mengakui, keadaan ekonomi nasional saat ini menimbulkan kekhawatiran serius, mengutip lesunya pertumbuhan ekonomi dan naiknya harga barang-barang. Namun, Lindner meyakinkan media bahwa pemerintah melakukan semua yang bisa dilakukan untuk menghindari ancaman stagflasi.

Lindner menjelaskan, di antara langkah-langkah yang diambil Berlin adalah bantuan untuk kelas menengah, dukungan untuk lapisan masyarakat yang rentan secara ekonomi dan bisnis yang berisiko. Tapi, dia juga menerangkan bahwa karena sumber daya keuangan negara yang terbatas, semua program ini dimaksudkan hanya untuk sementara.



"Dalam jangka panjang, Jerman harus meletakkan fondasi kemakmuran baru," Lindner memperingatkan. Dia juga, menambahkan bahwa penekanan khusus harus ditempatkan pada aspek sosial dan ekologi.

Ketika ditanya mengapa Jerman masih mendanai Kremlin dengan mengimpor gas dan minyak Rusia, Lindner menagatakan bahwa mengakhiri pasokan hidrokarbon Rusia akan memiliki efek dramatis pada negara tersebut. Lindner menegaskan bahwa dampak potensial akan melampaui persoalan uang, tapi mempengaruhi ketersediaan fisik energi untuk Jerman.

Kendati mendukung sanksi atas Rusia, dia menekankan pada saat yang sama tindakan hukuman seharusnya "tidak membahayakan stabilitas Jerman." Lindner juga berjanji bahwa tidak ada orang Jerman yang akan membeku pada musim dingin mendatang. Menurut dia, Berlin telah membangun cadangan energi dan memanfaatkan sumber pasokan alternatif.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1221 seconds (11.97#12.26)