Upaya Pemberdayaan Pengrajin dan Penjahit Lokal Lewat Limbah Fesyen

Kamis, 07 April 2022 - 17:30 WIB
loading...
Upaya Pemberdayaan Pengrajin dan Penjahit Lokal Lewat Limbah Fesyen
Limbah Fesyen bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan pengrajin lokal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai salah satu market leader di fashion retail industry Indonesia, Manzone terus berinovasi untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat. Seperti di bulan Ramadhan tahun ini, Manzone mengangkat kampanye #BaikUntukKita yang bertujuan bahwa semua orang bisa melakukan kebaikan dan memberikan manfaat untuk sesama.



“Pada kampanye ini kami berkolaborasi dengan Setali Indonesia dengan membuat sebuah movement mengajak seluruh masyarakat untuk mengumpulkan baju atau celana yang sudah tidak digunakan untuk didonasikan,” ujar Laura Kristina, General Manager Manzone, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Barang yang telah terkumpul, kemudian disortir dan di-upcycling dan akan disalurkan melalui Setali Indonesia. Setali Indonesia adalah komunitas non-profit (social enterprise) yang berdiri pada tahun 2018 yang berfokus pada recycle pakaian untuk mengatasi limbah tekstil dan memberdayakan komunitas pengrajin serta penjahit lokal untuk meningkatkan mata pencaharian mereka.



“Setali mengolah limbah fesyen yang disalurkan oleh masyarakat maupun organisasi atau usaha lain untuk kemudian dijadikan karya fesyen unik menggunakan teknik upcycling. Limbah sisa dari produksi upcycling pun akan Setali olah dengan proses recycling bersama mitra-mitra Setali,” jelas Intan Anggita, Co-Founder Setali Indonesia.

Manzone telah menempatkan recycle box bagi masyarakat yang ingin mendonasikan pakaian bekasnya yang sudah tidak digunakan untuk di-upcycling oleh Setali Indonesia. Recycle box ini didistribusikan di lima titik showroom Manzone yang ada di Jakarta, yaitu Pondok Indah Mall 2, Gandaria City, FX Sudirman, Mall Kelapa Gading 3, dan Kota Kasablanka.

“Manzone juga memberikan reward sebagai bentuk terima kasih kepada customer yang sudah ikut berdonasi dengan memberikan diskon sebesar 30% untuk produk regular,” timpal Eduardus Rayendra, Brand Marketing Manzone.



Duardus menambahkan, Manzone berarap kegiatan positif ini bisa membuka banyak hati masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan terus membuat mereka berinovasi dan tidak lupa memberikan dampak baik untuk banyak orang.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)