Deretan Konglomerat Sawit Paling Tajir di Indonesia, Intip Daftarnya

Sabtu, 09 April 2022 - 14:58 WIB
loading...
A A A
Perusahaan tersebut mengklaim sebagai grup kelapa sawit pertama yang disertifikasi oleh Roundtable for Sustainable Palm Oil (RSPO) pada 2012 dan Palm Oil Innovation Group (POIG) pada 2019.

Musim Mas memiliki pengolahan kelapa sawit dari hulu, hilir hingga ke logistiknya. Dari hulu, perusahaan ini menanam kelapa sawit untuk minyak mentah dan kernel sawit. Di hilir, Musim Mas memproduksi minyak kelapa sawit untuk sabun, oleokimia, biofuel, dan produk lainnya untuk industri.

2. Keluarga Widjaya

Menempati peringkat kedua daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2021, keluarga Widjaya melalui Grup Sinar Mas juga menjadi produsen minyak goreng terbesar di Indonesia. Produk minyak goreng besutan Sinar Mas yang paling terkenal adalah merek Filma.

3. Martua Sitorus

Martua Sitorus merupakan sosok di balik gurita bisnis Wilmar dengan salah satu produknya adalah minyak goreng dengan berbagai merek. Pengusaha kelapa sawit ini telah mendirikan perusahaan Wilmar International Ltd di Singapura.

Kerajaan bisnis itu dirikan bersama dengan Kuok Khoon Kong pada 1991, dimana fokusnya pada penyulingan minyak nabati, produsen lemak nabati dan oleokimia khusus, minyak kemasan konsumen, hingga tepung beras

Di Indonesia, merek minyak goreng dari Wilmar adalah Fortune dan Sania. Pada tahun lalu, Wilmar International tercatat meraup keuntungan dari kelapa sawit mencapai USD1,89 juta atau setara Rp27 miliar.

Martua Sitorus diketahui memiliki kekayaan bersih USD2,9 miliar dan menempatkannya di posisi 1.101 orang terkaya di dunia.

4. Anthony Salim
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)