Deretan Konglomerat Sawit Paling Tajir di Indonesia, Intip Daftarnya

Sabtu, 09 April 2022 - 14:58 WIB
loading...
A A A
Siapa yang tidak mengenal Indofood sebagai rajanya perusahaan mie instan di Indonesia. Tidak cuma dari mie instan, pundi-pundi kekayaan Anthony Salim yang merupakan CEO Salim Group juga mengalir dari kelapa sawit melalui Indofood Agri Resources Ltd.

Perusahaan yang berbasis di Singapura ini bergerak di bidang agribisnis mulai dari pembibitan, pembudidayaan dan penggilingan kelapa sawit, pemasaran minyak goreng dan margarin, hingga produk turunan minyak sawit lainnya. Mereka memproduksi minyak goreng dengan brans seperti Bimoli, Delima, dan Happy.

Mengutip Forbes, saat ini Anthony Salim menduduki posisi ketiga sebagai konglomerat terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai USD8,5 miliar atau setara Rp121 triliun (kurs Rp14.327 per dolar AS).

5. Sukanto Tanoto

Terkenal di kalangan pebisnis komoditas pangan dan kelapa sawit Tanah Air, Sukanto Tanoto adalah pendiri Royal Golden Eagle International (RGEI). Perusahaan yang sudah go international itu memiliki usaha di berbagai industri termasuk minyak kelapa sawit.

Perusahaan tersebut merupakan holding dari beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mulai dari industri kertas, fiber, energi, hingga kelapa sawit. Anak perusahaan yang menaungi bidang kelapa sawit yakni Asian Agri dan Apical.

Melalui Asian Agri and Apical, perseroan memproduksi minyak goreng dengan merek Camar. Sukanto Tanoto tercatat memiliki kekayaan mencapai USD2,3 miliar atau setara Rp32,89 triliun dan menduduki posisi ke-21 sebagai orang terkaya di Indonesia .

6. Susilo Wonowidjojo

Sosoknya memang dikenal sebagai pengusaha sigaret dan rokok terkenal yakni Gudang Garam. Namun siapa sangka, sumber kekayaannya juga mengalir dari kelapa sawit melalui PT Matahari Kahuripan Indonesia alias Makin Group. Kini Ia mengantongi kekayaan mencapai USD4,8 miliar atau setara Rp69,36 triliun.

7. Putera Sampoerna
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)