Kirain Rusia, Justru Amerika Serikat yang di Ambang Resesi Ekonomi

Rabu, 13 April 2022 - 13:27 WIB
loading...
A A A
Kenaikan suku bunga cenderung menciptakan tingkat yang lebih tinggi pada pinjaman konsumen dan bisnis, yang memperlambat ekonomi dengan memaksa pengusaha untuk mengurangi pengeluaran.

Namun, Powell menolak kekhawatiran bahwa pengetatan lebih lanjut oleh bank sentral akan memicu resesi dan telah mempertahankan optimisme bahwa Fed dapat mencapai keseimbangan yang rapuh antara menjinakkan inflasi tanpa menghancurkan ekonomi.

"Kemungkinan resesi di tahun depan tidak terlalu tinggi," kata Powell kepada wartawan selama pertemuan Fed Maret, mengutip pasar tenaga kerja yang kuat, pertumbuhan penggajian yang solid dan neraca bisnis dan rumah tangga yang kuat.

"Semua tanda adalah bahwa ini adalah ekonomi yang kuat, dan yang akan mampu berkembang dalam menghadapi kebijakan moneter yang kurang akomodatif,” lanjutnya.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan bulan lalu bahwa indeks harga konsumen naik 7,9% pada Februari dari tahun sebelumnya, menandai kenaikan tercepat sejak Januari 1982, ketika inflasi mencapai 8,4%. CPI yang mengukur sekumpulan barang mulai dari bensin hingga perawatan kesehatan, naik 0,8% dari Januari.

Pembacaan indeks harga konsumen terbaru, yang akan dirilis pada Selasa pagi, diperkirakan akan menjadi doozy lainnya. Ekonom memperkirakan indeks akan naik di atas 8%, mencapai tertinggi baru 40 tahun.



Dalam survey Wall Street Journal, potensi resesi naik 28% dalam 12 bulan. Ini dibanding 18% pada Januari dan 13% pada tahun lalu. "Resesi dalam beberapa tahun ke depan jelas lebih mungkin terjadi daripada tidak," kata Professor Harvard, Larry Summers, berbicara di Bloomberg TV.

"Kami tidak pernah memiliki momen ini, ketika inflasi di atas 4 (persen) dan pengangguran di bawah 4 (persen) dan kami tidak mengalami resesi di dalamnya. dua tahun ke depan. "

Sebelumnya di Februari, inflasi AS bergerak liar dan tercatat sebesar 7,9%. Ini menjadi yang tertinggi dalam lebih dari 40 tahun terakhir. Untuk inflasi secara bulanan, AS mencatat angka sebesar 0,8%. Laju inflasi baik secara tahunan maupun bulanan itu pun praktis di atas ekspektasi para ekonom yang disurvei Dow Jones.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6130 seconds (0.1#10.140)