Bukan Halu, Simak 6 Cara Beli Rumah dengan Gaji Rp5 Juta

Sabtu, 16 April 2022 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Prinsipnya, KPR adalah program yang membiayai terlebih dahulu pembelian rumah. Jadi, tanggung jawab untuk membayar rumah akan beralih ke pihak bank, lalu nanti Anda akan mencicilnya ke Bank.

Namun sebelum itu, Anda perlu memenuhi uang muka atau DP yang tidak sedikit. Bank umumnya akan membebankan DP sebesar 20-30% dari nilai penjualan rumah.
Sekalipun persentasenya terbilang masih kecil, jumlah uang yang perlu dikeluarkan tidak demikian. Misalnya saja kamu membeli rumah seharga Rp200 juta. Maka DP yang perlu dikeluarkan adalah sekitar Rp40 - 80 juta Rupiah.

5. Jangan Boros

Cara beli rumah gaji 5 juta berikutnya adalah jangan boros. Manfaatkanlah anggaran ini dengan bijak, jangan sampai mengganggu pos tabungan untuk DP dan cicilan rumah.
Sebaiknya mulai sekarang anda menerapkan gaya hidup hemat. Catat pengeluaran apa saja yang terjadi dalam sebulan. Jika masih ada sisa dari 70%, tabunglah di pos DP dan cicilan rumah. Akan tetapi jika tidak ada sisa dan malah kelebihan pengeluaran, evaluasi apa yang salah. Tindakan boros bisa dikendalikan dengan mengelola anggaran yang jelas untuk pengeluaran dan menabung di awal.

6. Buat Target yang Jelas

Dengan mempunyai tujuan menabung yang jelas, seperti menabung dengan tujuan untuk mengumpulkan uang DP rumah, nabung untuk beli tanah dan lain sebagainya maka akan membantu Anda untuk tetap fokus dan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh ke arah tersebut. Jika menabung dilakukan secara sistematis, menabung yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Terapkan sejumlah aturan dalam pengelolaan keuangan seperti target mingguan, target harian, dan yang lainnya. Tidak perlu menetapkan sejumlah target yang terlalu besar, yang justru akan membuat Anda malas untuk menjalankannya.

Setelah tujuan, besaran atau jumlah tabungan adalah salah satu hal lainnya yang harus Anda miliki dengan jelas sejak awal. Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang Anda terima. Miliki jumlah yang tepat dan segera sisihkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah tersebut di awal pas gajian.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)