Program PEN Bank Himbara Topang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Selasa, 19 April 2022 - 10:50 WIB
loading...
Program PEN Bank Himbara Topang Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Bank-bank Himbara dinilai berhasil melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kalangan ekonom memproyeksi kinerja sejumlah bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) semakin meningkat pada kuartal pertama tahun ini. Sebab, sektor perbankan, khususnya Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN, dinilai berhasil melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah, sebagai penopang utama pertumbuhan ekonomi nasional.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listyanto mengatakan, kinerja yang dibukukan Himbara, tahun ini diperkirakan bahkan lebih baik dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun 2021.



Ada sejumlah faktor yang menjadi pendorong membaiknya kinerja bank Himbara pada kuartal I-2022. Di antaranya, yakni meningkatnya konsumsi masyarakat dan tumbuhnya permintaan kredit. "Bank BUMN kinerjanya tetap positif, karena ekonomi mulai pulih dan permintaan kredit meningkat," kata Eko di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Eko menambahkan, terdongkraknya konsumsi masyarakat yang berimbas pada meningkatnya permintaan kredit, salah satunya dipicu oleh pertumbuhan ekonomi nasional pada tiga bulan pertama tahun ini. Dia berpendapat, proyeksi pemerintah cukup realistis. Alasannya, faktor low base effect triwulan pertama tahun 2021 hanya -0,74%.

Seperti diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melaju pada kuartal I 2021. Pemerintah optimistis, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2022 berpeluang tumbuh 4,5% hingga 5,2% secara tahunan atau year on year (yoy), dengan titik tengah 5,0% yoy.

Sedangkan untuk keseluruhan 2022, Sri Mulyani yakin pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 4,8% yoy hingga 5,5% yoy, atau lebih tinggi dari capaian pada tahun 2021 yang sebesar 3,69% yoy.

Pendapat senada diungkapkan Teuku Riefky, Ekonom Makro Ekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI. Dia bilang, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2022 bisa tembus di atas 5%, sangat masuk akal. Pasalnya, meskipun badai Covid-19 belum berakhir, tapi kinerja ekspor Indonasia masih positif. Selain itu, kapasitas produksi industri sudah normal dan konsumsi rumahtangga mulai membaik.

Dengan laju pertumbuhan ekonomi yang mulai positif, menurut Teuku Riefky, maka kinerja bank-bank Himbara akan moncer pada tiga bulan pertama tahun ini. "Indikatornya bisa dilihat dari terus tumbuhnya penyaluran kredit bank Himbara," kata Riefky.

Riefky mengapresiasi pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dijalankan bank-bank Himbara, karena terbukti mampu mendorong menggeliatnya pertumbuhan ekonomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)