Shanghai Lockdown, Banyak Tak Menyadari Besarnya Dampak Ekonomi ke China

Selasa, 19 April 2022 - 11:22 WIB
loading...
A A A
PDB Shanghai tumbuh sebesar 8,1% pada tahun 2021 menjadi 4,32 triliun yuan (USD680,31 miliar). PDB itu sedikit lebih besar dari Swedia (USD660,92 miliar) dan kurang dari Polandia (USD720,35 miliar), menurut IMF.

Tetapi PDB Shanghai hanya 3,8% dari PDB nasional China sebesar 114,37 triliun yuan pada tahun 2021, menurut data resmi.

- Pusat Perdagangan Global

Shanghai terletak di muara Sungai Yangtze, salah satu dari dua sungai utama di Cina. Menurut Bernstein: Shanghai adalah rumah bagi pelabuhan tersibuk di dunia, diikuti oleh Singapura.

Bandara Pudong Shanghai adalah bandara kargo tersibuk ketiga di dunia, di belakang Memphis, Tennessee dan Hong Kong. Secara keseluruhan, Shanghai menyumbang 7,3% dari ekspor China dan 14,4% dari impor pada tahun 2021, menurut Citi.

- Pusat Manufaktur dan Perusahaan

Menurut Citi, Shanghai adalah China: Pusat manufaktur semikonduktor terpenting, rumah bagi SMIC, Hua Hong dan Universal Scientific Industrial. Sementara bagi produsen mobil, Shanghai jadi rumah bagi SAIC Motor, perusahaan patungan SAIC dengan Volkswagen dan GM, Nio, Tesla dan Ford.

Selain itu kota ini menjadi kantor pusat bagi operasional perusahaan multinasional China: Apple, L'Oreal, Samsung Electronics, P&G, L'Oreal, LVMH, Nike, Panasonic, Philips, Johnson & Johnson dan General Electric. Begitu juga bagi produsen kapal seperti: Jiangnan, Zhonghua dan Waigaoqiao.

- Pusat Keuangan

Shanghai Stock Exchange adalah yang terbesar ketiga di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, di belakang New York Stock Exchange dan Nasdaq pada akhir 2020, menurut data World Federation of Exchanges yang dikutip oleh bursa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)