Tips Investasi untuk Anak Muda, Agar Tidak Sekadar Tren

Selasa, 19 April 2022 - 17:17 WIB
loading...
Tips Investasi untuk Anak Muda, Agar Tidak Sekadar Tren
Anak muda semakin banyak yang melek finansial, dimana kebanyakan dari mereja mengejar financial freedom. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar semakin memahami seputar dunia investasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Saat ini investasi sudah menjadi gaya hidup sebagian besar anak muda. Hal itu menjadi bukti bahwa mereka semakin melek finansial. Apalagi kebanyakan dari anak muda mengejar financial freedom di usia tertentu dengan investasi yang mereka lakukan.



Apakah saat ini Anda juga sudah berinvestasi? Nah, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar semakin memahami seputar dunia investasi.

1. Memahami Konsep dan Risiko Investasi

Di dunia ini tidak ada hal yang benar-benar aman, bahkan investasi juga bisa menimbulkan serangkaian risiko. Mulai dari risiko ringan sampai sedang, oleh karena itu sebelum melakukan investasi terlebih dahulu pahami ilmunya. Pemahaman yang Anda miliki berguna untuk meminimalisir risiko yang muncul, seperti suku bunga, inflasi, likuiditas, dan lainnya.

Seseorang yang memiliki keinginan besar terhadap investasi pasti akan meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Apalagi kini akses terhadap berbagai bidang keilmuan semakin mudah, mulai dari yang gratis sampai berbayar. Di YouTube sendiri sudah banyak influencer keuangan yang kerap membagikan tips seputar investasi.

Apabila Anda ingin belajar lebih intens dengan ahlinya, maka bisa megambil kursus online di platform berbayar. Pemahaman yang dimiliki akan membuat Anda naik kelas dan lebih percaya diri mengambil langkah selanjutnya.

2. Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas

Setelah memehami konsep dan risiko investasi, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan tujuan keuangan yang ingin Anda capai. Meski tips ini terdengar klise, tapi ini akan membantu Anda tetap berada di jalur yang tepat saat di tengah jalan mengalami masalah.

Anda harus tetap mengingat sebenarnya apa tujuan utama yang ingin dicapai dengan berinvestasi. Tujuan keuangan ini dimaksudkan sebagai sebuah kondisi di mana Anda ingin mencapai target finansial di waktu tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)