Tips Investasi untuk Anak Muda, Agar Tidak Sekadar Tren

Selasa, 19 April 2022 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Pasar modal merupakan tempat bertemunya perusahaan dan institusi yang membutuhkan modal dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana mereka. Investasi tidak bisa dilakukan pada perusahaan dan institusi secara langsung, Anda harus melalui lembaga yakni perusahaan sekuritas terlebih dahulu.

Pembukaan rekening bisa dilakukan melalui sekuritas baik offline maupun online. Anda bisa langsung mendatangi perusahaan sekuritas terdekat dengan membawa berkas seperti kartu identitas, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), rekening bank, formulir investasi, dan berkas lainnya. Jika Anda ingin lebih praktis bisa dilakukan melalui sekuritas perusahaan finansial technology (fintech) yang tersedia di smartphone.

5. Melakukan Investasi Secara Rutin

Setelah semuanya beres, Anda bisa memulai investasi pertama. Saat ini, cukup dengan Rp100.000 Anda sudah bisa mulai investasi pada sekuritas. Terbukti bukan bahwa investasi pun bisa dimulai dengan modal kecil. Hal terpenting dalam investasi adalah menjalankannya dengan rutin sesuai tujuan keuangan yang ingin dicapai.



Anda juga bisa menerapkan berbagai strategi dalam berinvestasi, kebanyakan investor menggunakan value investing di mana mereka membeli saat harga murah dan perhitungan tertentu, lalu menjualnya saat harga tinggi.

Demikian tips investasi bagi anak muda yang bisa Anda terapkan agar tidak sekedar ikut-ikutan tren saja. Investasi memiliki risiko yang patut diwaspadai sehingga Anda perlu bijak mengelola keuangan sebelum terjun ke dunia pasar modal.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)