Rusia Termasuk, Ini 5 Negara dengan Suku Bunga Acuan Tertinggi di Dunia

Minggu, 24 April 2022 - 05:52 WIB
loading...
A A A
Nabiullina memperingatkan bahwa Rusia yang sempat mengalami pertumbuhan ekonomi terkuat dalam 13 tahun terakhir pada 2021. Namun diprediksi akan mengalami perubahan struktural karena terbatasnya akses ke sistem keuangan global dan pembatasan perdagangan internasional sebagai bentuk dari sanksi Barat terhadap Rusia.

"Masalah bisa saja muncul meski ada produksi dengan tingkat lokalisasi yang tinggi, padahal sudah ada substitusi impor yang cukup tinggi," kata Nabiullina, dilansir dari Reuters.

Oleh karena itu, pihaknya sedang mencari penyesuaian pada kontrol valuta asingnya untuk menghindari situasi di mana nilai tukar Rubel menyimpang di pasar sekunder. Posisi suku bunga acuan bank sentral Rusia saat ini menjadi yang tertinggi kedua di dunia, setelah Argentina dan sebelum Turki.

3. Turki

Selain Argentina dan Rusia, suku bunga acuan tertinggi lainnya yakni Turki. Bank sentral Turki (Türkiye Cumhuriyet Merkez Bankası/TCMB) memang telah memangkas suku bunga acuannya sebesar 500 basis poin (bp) menjadi 14% pada bulan ini.

Sebelum dipangkas menjadi 14%, suku bunga acuan TCMB sempat menyentuh 20% dalam beberapa bulan terakhir tahun lalu.

Sebelumnya, inflasi di Turki naik menjadi 61,14% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Maret 2022, dari sebelumnya pada Februari lalu sebesar 54,4%. Inflasi Turki menjadi yang tertinggi dalam 20 tahun terakhir.

Hal ini sesuai dengan ekspektasi pasar dalam survei Reuters, di mana inflasi Turki akan melesat lagi melewati 60% di bulan Maret. Namun, inflasi Maret 2022 masih lebih rendah dari Maret 2002 yang saat itu mencapai 65,1%.



Sementara untuk Indonesia, suku bunga acuannya berada di posisi ke-9, di bawah China dan di atas Korea Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)