Resmi, AirAsia Layani Penerbangan Internasional dari Bandara YIA Jogja

Minggu, 01 Mei 2022 - 11:00 WIB
loading...
Resmi, AirAsia Layani Penerbangan Internasional dari Bandara YIA Jogja
AirAsia melayani rute internasional Yogyakarta-Kuala Lumpur dari Bandara YIA. FOTO/ANTARA/REUTERS/LIM HUEY TENG
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura 1 menyatakan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kembali melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan mendaratnya penerbangan AirAsia AK 348 dengan rute Kuala Lumpur (KUL).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan penerbangan ini menandai secara resmi penerbangan internasional reguler perdana AirAsia. Rute internasional tersebut menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur.

"Kami berkomitmen untuk terus memastikan setiap operasional dan pelayanan penerbangan kepada seluruh pengguna jasa berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan dan pelayanan yang berlaku," kata Faik Fahmi melalui keterangan resmi, di Jakarta, Minggu (1/5/2022).



Melalui pembukaan rute tersebut diharapkan mampu meningkatkan trafik penerbangan rute internasional di Bandara YIA sehingga menciptakan multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta.

Sebagai informasi, penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA pada (29/04), pukul 17.30 WIB dengan membawa 171 penumpang yang 59 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Usai ditetapkan menjadi entry point berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), YIA merupakan bandara kelima di bawah pengelolaan Angkasa Pura I yang kembali melayani penerbangan internasional.



"Penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara akan beroperasi dengan frekuensi 2 kali dalam 1 minggu, yaitu pada hari Jumat dan Minggu. Maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana hari ini mencapai kapasitas jumlah penumpang (load factor) 92%," paparnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)