Mirip Covid-19, Daya Tahan Hewan Terhadap Virus PMK hanya 14 Hari

Rabu, 11 Mei 2022 - 18:00 WIB
loading...
Mirip Covid-19, Daya Tahan Hewan Terhadap Virus PMK hanya 14 Hari
Penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak mirip dengan Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut, pemberian obat sementara setidaknya bisa memberikan imunitas pada hewan dari virus penyakit mulut dan kuku ( PMK ) selama 14 hari. Lamanya hari ini membuat PMK mirip-mirip dengan wabah Covid-19.



"Imunitas dari virus ini seperti Covid, 14 hari," ujar Mentan dalam konferensi persnya, Rabu (11/5/2022).

Menurutnya jangka waktu tersebut diharapkan cukup dalam proses pembuatan vaksin untuk hewan yang saat ini tengah disiapkan oleh pemerintah, baik produksi maupun distribusinya. Jangka waktu 14 hari juga diharapkan lockdown terhadap darah bisa maksimal dan pengobatan melalui obat-obatan yang tersedia masih bisa memberikan daya tahan sambil menunggu vaksin jadi.



"Kita usahakan 2 kali 14 hari, dan kita berharap sebelum 20 hari kita sudah bisa berikan vaksin yang kita buat sendiri," sambung Mentan.

Menurutnya saat ini pemerintah juga telah memberikan disinfektan pada beberapa daerah untuk membunuh virus-virus yang ada di udara maupun yang menempel pada benda-benda.

"Kami berharap tidak ada kepanikan yang berlebihan, karena kita akan tangani secara maksimal. Kepanikan itu tidak perlu terjadi karena seperti yang disampaikan, PMK ini tidak menular pada manusia," kata Mentan.



"Daging hewan masih aman dikonsumsi oleh manusia, yang tidak boleh hanya pada bagian tertentu yang langsung terkena PMK," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)