10 Mata Uang Terlemah di Dunia, Rupiah Nomor Berapa?

Rabu, 18 Mei 2022 - 16:54 WIB
loading...
10 Mata Uang Terlemah di Dunia, Rupiah Nomor Berapa?
Mata uang sejumlah negara memiliki nilai tukar yang amat rendah jika dibandingkan dengan dolar Amerika Serikat (USD). Foto/ Ilustrasi/ultimatequizquestions
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 berkecamuk, banyak negara di dunia terdampak parah ekonominya. Memburuknya kondisi ekonomi kerap diikuti dengan melemahnya mata uang negara yang bersangkutan.

Sebagian mata uang terlemah di dunia adalah milik negara-negara dunia ketiga, di mana ekonominya terdampak parah oleh pandemi. Melansir Saudiscoop.com, berikut deretan mata uang terlemah dunia sepanjang tahun 2022 dibandingkan dengan dolar Amerika Serikat (USD):



1. Bolivar Venezuela
Bolivar Venezuela menempati peringkat sebagai mata uang terlemah di dunia jika dibandingkan dengan nilai tukar dolar AS. Negara di Amerika Selatan itu berusaha untuk pulih dari penurunan ekonomi yang curam dengan mencoba beralih ke ekonomi pasar ketika pandemi melanda. Hal itu membuatnya menjadi yang terburuk dalam daftar. Mata uang berkode VEF itu memiliki nilai tukar 457.795,47 per USD.

2. Rial Iran
Rial Iran menempati peringkat sebagai mata uang terlemah kedua di dunia. Kejatuhan ekonomi Negeri Mullah ini dimulai sejak 1979 setelah Revolusi Islam, yang menyebabkan banyak bisnis meninggalkan negara itu karena ketidakpastian.

Sejak itu, Iran telah menghadapi kejatuhan lebih lanjut dalam perang Iran-Irak dan sanksi nuklir. Sanksi dicabut sebentar pada tahun 2016 akan tetapi diberlakukan kembali dengan lebih keras pada tahun 2018 dan kemudian lagi pada tahun 2022. Mata uang berkode IRR itu tercatat memiliki nilai tukar sebesar 42.300.00 per USD.

3. Dong Vietnam
Dong Vietnam menempati peringkat sebagai mata uang terlemah ketiga di dunia. Vietnam mengejar ketertinggalannya setelah tercabik perang cukup lama. Para pakar ekonomi meyakinkan bahwa Vietnam berada di jalur yang benar dan akan segera menyusul negara-negara lain. Saat ini, mata uang berkode VND itu memiliki nilai tukar 22.942,50 per USD.

4. Rupiah Indonesia
Indonesia adalah salah satu negara yang relatif kaya di Asia Tenggara dengan ekonomi yang stabil. Tak hanya itu, ekonomi Indonesia pun berkembang dengan baik dan secara keseluruhan cukup makmur.

Hanya saja, nilai tukar rupiah yang menjadi mata uang negara ini terbilang lemah jika dibandingkan dengan USD. Tak heran jika Indonesia memiliki pecahan mata uang dengan nominal besar, hingga 100.000. Mata uang Garuda yang berkode IDR ini mempunyai nilai tukar sebesar 14.526,30 per USD.

5. Sierra Leone Leone
Negara Sierra Leone di Afrika, adalah salah satu negara termiskin dan memiliki salah satu mata uang terlemah di dunia. Perpecahan sipil, perang, dan pertempuran berulang dengan virus mematikan seperti Ebola membuat negara itu sulit fokus mengembangkan ekonominya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)