KreditPro Gandeng eFishery Dukung Budidaya Perikanan di Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:38 WIB
loading...
KreditPro Gandeng eFishery Dukung Budidaya Perikanan di Indonesia
Platform P2P lending dari Digiasia Bios, KreditPro bekerja sama dengan pioneer startup perikanan budidaya di Indonesia, eFishery.
A A A
JAKARTA - Platform P2P lending dari Digiasia Bios, KreditPro bekerja sama dengan pioneer startup perikanan budidaya di Indonesia, eFishery. Kolaborasi iniuntukmengoptimalkan layanan digital demi memacu efektivitas penyaluran kredit kepada pembudidaya di Indonesia.

Kinerja positif pada kuartal I/2022 di sektor perikanan yang surplus USD1,39 miliar atau meningkat 21,78% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pencapaian ini diakui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah hasil dari berjalannya program-program unggulan pemerintah.

Salah satunya adalah program pemberdayaan UMKM melalui kolaborasi dan manajemen finansial hingga pemasaran digital. Untuk mendukung program ini, KreditPro berkolaborasi dengan eFishery, salah satu startup Aquaculture Intelligence pertama di Indonesia dengan pengembangan inovasi pada sektor akuakultur.

(Baca juga:Mantul, Pendapatan eFishery Meningkat Pesat di 2020)

Pemberdayaan UMKM atau pembudidaya dilakukan oleh eFishery melalui program Kasih Bayar Nanti (Kabayan). Kali ini menggandeng KreditPro untuk meningkatkan rasio penyaluran kredit pada pembudidaya, menaikkan plafon kredit, serta meningkatkan jumlah pembudidaya yang mengakses pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) di Indonesia.

“Kami bangga bisa bermitra dengan salah satu perusahaan rintisan besar seperti eFishery yang meningkatkan pemberdayaan pembudidaya melalui program Kabayan. Kolaborasi ini pastinya akan memberi dampak positif bagi kedua perusahaan, terutama bagi para pembudidaya ikan dan pelaku UMKM di sektor perikanan Indonesia,” ungkap Vice President KreditPro Rizky Jonathan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/5).

(Baca juga:Mantan Bos GoPay Jadi Komisaris Startup Akuakultur eFishery)

Diakui oleh Rizky, kerja sama ini juga diharapkan dapat memajukan kesejahteraan para pembudidaya yang sudah masuk dalam ekosistem yang dibangun oleh eFishery. Hal ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekosistem dan komoditas sektor perikanan budidaya Indonesia agar mereka dapat berorientasi ekspor.

Gibran Huzaifah, CEO dan Co-Founder dari eFishery mengatakan, misi ini masih menjadi prioritas yang dimiliki eFishery hingga saat ini. “Sejak program Kabayan diluncurkan di 2020, eFishery sudah memberikan akses finansial kepada lebih dari 10.000 pembudidaya dengan total pinjaman yang diberikan sebesar Rp526,19 miliar,” kata Gibran.

Ke depannya, pihaknya juga berencana untuk menyasar ke lebih dari 30.000 pembudidaya melalui program Kabayan ini. “Dengan kolaborasi bersama KreditPro ini, kami yakin bisa memberikan dampak yang lebih besar bagi para pembudidaya,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)