Pengertian Performance Management System, Fungsi dan Tips Mengelolanya dengan Efektif

Rabu, 25 Mei 2022 - 18:03 WIB
loading...
A A A
Mengembangkan Kinerja
Mungkin saja pada awalnya beberapa karyawan memiliki kinerja yang biasa saja. Beberapa faktor mungkin bisa membuat karyawan tidak bekerja semaksimal mungkin. Misalnya saja karena tidak memahami tujuan perusahaan atau mungkin karena kondisi kerja yang tidak kondusif dan lainnya. Namun melalui adanya manajemen kinerja, maka kendala karyawan bisa dimengerti sehingga karyawan bisa dimotivasi dan ditingkatkan kinerjanya.

Tips Meningkatkan Performance Management System
Tidak sedikit yang merasa kurang nyaman setelah mendengar kata performance management system. Meski pada kenyataannya, Performance management system tidak lebih dari hanya sekedar tinjauan yang harus dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk menilai suatu proses.

Pun, performance management system hanya merupakan kegiatan yang bertujuan men – tracking down berbagai proses produksi yang tidak berjalan dengan semestinya. Kemudian akan dicarikan solusi paling baik untuk memecahkan masalah tersebut.

Sebuah perusahaan atau organisasi yang profesional biasanya akan mengambil performance management system sebagai tindakan yang sangat menguntungkan bagi perkembangan perusahaan itu sendiri. Performance management system akan menunjukkan secara langsung dan pasti, dimana hambatan-hambatan yang dialami oleh perusahaan, serta memperbaiki performa kerja dari karyawan dari berbagai posisi.

Dalam ulasan berikut akan dijelaskan lebih mendalam tentang apa saja usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performance management, antara lain sebagai berikut :

Membuat Goal atau Tujuan yang Efektif
Tujuan yang akan dicapai merupakan dasar dari performance management system itu sendiri. Terdapat dua hal penting yang harus ada dalam penetapan sebuah tujuan. Hal pertama yang harus menjadi dasar penetapan tujuan adalah tujuan bersifat jelas serta objektif. Tujuan dari goal tersebut yang mana mampu memberi kontribusi aktif dalam memenuhi strategi bisnis yang ada.

Performance management system bisa dimulai dengan membiarkan setiap manajer menetapkan tujuannya masing – masing pada bagian yang mereka pimpin. Di mana tujuan tersebut haruslah sesuai dengan misi besar suatu organisasi atau perusahaan.

Dengan adanya pembagian tersebut, tentu dapat menjadikan celah ‘tumpang – tindihnya‘ suatu goal antara satu bagian manajer dengan yang lainnya. Hal inilah yang membutuhkan pentingnya komunikasi antar bagian demi menjaga agar overlapping tidak terjadi.

Setiap manajer akan membagikan tujuan idealnya kepada pekerja atau karyawan yang berada di departemennya masing-masing hingga kemudian mereka dapat membuat goal performance-nya sendiri.

Ketika menetapkan sebuah tujuan, akan sangat penting untuk mengukur goal itu sendiri. Sebuah tujuan yang baik seharusnya tidak hanya melambungkan angan dengan pencapaian-pencapaian yang besar penuh khayalan, namun juga harus sesuai dengan kenyataan yang ada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)