Pengertian Performance Management System, Fungsi dan Tips Mengelolanya dengan Efektif

Rabu, 25 Mei 2022 - 18:03 WIB
loading...
Pengertian Performance Management System, Fungsi dan Tips Mengelolanya dengan Efektif
Pengertian Performance Management System, fungsi dan Tips mengelolanya dengan efektif. (Foto: Dok IDX Chanel)
A A A
JAKARTA - Karyawan merupakan sumber daya yang unik bagi perusahaan, karena sifatnya yang berubah-ubah. Tidak hanya itu karyawan juga merupakan sumber daya yang sangat penting bagi pencapaian tujuan perusahaan.

Dalam pencapaian tujuan perusahaan, karyawan memiliki pemikiran, tingkah laku dan cara yang berbeda-beda, yang mana hal ini mengakibatkan perbedaan juga dalam kinerja karyawan.

Tidak hanya itu performa atau kinerja karyawan juga bukan tidak mungkin akan mengalami kenaikan atau kemunduran. Hal ini menjadi sebuah tantangan yang harus diatasi oleh pihak manajemen HR.

Oleh sebab itu, perlu adanya perencanaan, pengorganisasian, aksi, serta pengawasan terhadap kinerja karyawan atau biasa dikenal dengan istilah performance management system.

Pengertian Performance Management System
Performance management system secara umum merupakan suatu aktivitas manajerial yang memastikan pencapaian organisasi tepat sasaran. Aktivitas tersebut dilakukan secara konsisten agar efektif dan efisien sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Fungsi Performance Management System

Memberikan Feedback
Adanya manajemen kinerja pada dasarnya bisa berguna untuk para karyawan perusahaan. Sebab sistem ini bisa menjadi suatu sarana untuk proses pemberian feedback pada para karyawan. Feedback yang diberikan pada para karyawan ini tentu saja bisa berjalan secara lebih efektif dan efisien. Sebab sebelumnya tentu dilakukan suatu proses pengukuran terhadap kinerja para karyawan secara merata. Maka, proses menuju pemberian feedback bisa berjalan dengan lebih tertata.

Menjadi Acuan
Suatu proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan penilaian kinerja karyawan juga bisa dijadikan sebagai bahan acuan. Terutama bagi tim HR yang memang bertanggung jawab terhadap berbagai hal berkaitan dengan tenaga kerja atau karyawan. Jadi, hasil penilaian kinerja pada akhirnya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi HR dan perusahaan untuk menentukan gaji atau upah serta kompensasi dan segala bentuk tunjangan yang lainnya.

Meningkatkan Komunikasi
Hasil dari penilaian kinerja karyawan nantinya akan dikomunikasikan oleh pihak perusahaan dengan diwakili oleh HRD kepada para karyawan. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya komunikasi dua arah yaitu antara HRD dan karyawan.

Dari komunikasi inilah HRD bisa tahu lebih lanjut mengenai apa yang menjadi kendala atau kesulitan bagi para karyawan. Maka solusi bisa dipikirkan dan diberikan oleh perusahaan. Demikian pula perusahaan juga akan mengetahui apa yang diinginkan oleh perusahaan dari kinerjanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1247 seconds (10.101#12.26)